PAN Perkuat Peran UMKM Daerah Lewat Digital

Ilustrasi pelaku usaha UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong peran para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah-daerah di Tanah Air. Sebab, UMKM bisa memberikan dampak positif besar meningkatkan perekonomian daerah.

Zulhas Yakin Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta Bukan Jabar

Hal itu dikemukakan Anggota Komisi VI DPR dari fraksi PAN Abdul Hakim Bafaqih. "UMKM harus menjadi prioritas dalam pembangunan ekonomi kita. Jika UMKM membaik, maka dapat dipastikan bahwa ekonomi Indonesia akan juga baik," ujar Abdul Hakim, Kamis, 15 Juni 2023.

Lantaran itu, menurut Abdul Hakim, perlu dilakukan percepatan pemulihan dengan mendorong UMKM daerah supaya ekonomi meningkat di daerah tersebut.

PAN Doa Dapat Jatah Menteri Paling Banyak, Prabowo: Masuk Itu Barang!

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Para UMKM yang didorong antara lain di Jawa Timur. Anggota DPR dari Dapil Jatim VIII itu mengatakan, upaya pemulihan ekonomi dengan berbagai program telah banyak dilakukan di daerah Nganjuk, Jawa Timur.

Selain Eko Patrio, PAN Juga Tawarkan Kadernya Ini Sebagai Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Menurut dia, UMKM daerah harus mulai melakukan pemasaran dengan menggunakan platform digital agar orang mudah untuk membelinya. Dalam hal ini, PAN telah melakukan workshop memberikan wawasan dan edukasi kepada pelaku UMKM daerah untuk bisa memanfaatkan digitalisasi.
 
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sidiq menambahkan, banyak manfaat yang didapat ketika pelaku UMKM daerah memanfaatkan digitalisasi, salah satunya proses bisnis jadi sederhana.
 
"Perkembangan digital harus dimaksimalkan untuk mengembangkan usaha. Tidak ada kata terlambat dan tidak ada batasan usia untuk menjadi seorang pengusaha, terlebih bisa memanfaatkan kemajuan dunia digital," ujar Ahmad Rizki.
 
Ada beberapa manfaat jika UMKM daerah beralih digital seperti proses transaksi lebih mudah, menambah pelanggan, pendapatan bisnis meningkat, dan biaya dan waktu. Lantaran itu, PAN menyarankan pelaku usaha untuk melatih menggunakan media sosial dalam pemasaran.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mem gelar Rapat Koordinasi Nasional Partai Amanat Nasional dalam Rangka Mewujudkan Kemenangan PAN Pilkada 2024 bersama dengan Internal PAN, Kamis 9 Mei 2024 malam.

Ketum PAN Zulhas: Ridwan Kamil Insya Allah di Jakarta

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Ridwan Kamil (RK) bakal diusung sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada Jakarta 2024

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024