Jokowi Bantah Bahas Putusan Sistem Pemilu dengan Ketua MK saat Ngopi di PRJ

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri di Jakarta Fair
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman usai pembukaan ajang pameran tahunan jakarta Fair 2023 di Kemaroyan menjadi sorotan. Sebab, pertemuan ini dilakukan menjelang MK menggelar sidang putusan uji materi sistem pemilu.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Menangggapi hal ini Presiden Jokowi mengatakan bahwa dalam pertemuannya dengan Anwar Usman di arena PRJ Kemayoran, tak membahas hal yang menyangkut kewenangan Anwar Usman sebagai Ketua MK. Jokowi menegaskan dirinya tak pernah ikut campur dalam urusan keputusan MK tersebut.

"Ngopi banyak orang, ratusan, nggak ada nggak pernah, campur aduk seperti itu nggak pernah kita," kata Jokowi usai peninjauan Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis 15 Juni 2023.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berfoto bersama Presiden Joko Widodo, Ketua MK Anwar Usman, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat ngopi di Jakarta Fair, JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Juni

Photo :
  • ANTARA

Jokowi juga mengatakan, terkait sistem pemilu yang ada baik secara terbuka ataupun tertutup, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga keduanya tak bisa disebut ada sistem yang lebih unggul dibandingkan sistem lainnya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Ketika disuruh memilih apakah akan memilih sistem Proporsional Tertutup atau terbuka, Jokowi tak dapat memilihnya. Dia menyerahkan hal tersebut kepada undang-undang.

"Ya terserah undang-undang, terserah keputusan," kata Jokowi

Dia juga enggan berandai-andai sistem mana yang akan diputuskan oleh MK nanti. "Loh belum diumumkan kok Seandainya," ujar Jokowi

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk ngopi bareng di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu malam14 Juni 2023. Momen ngopi bareng itu dilakukan Presiden Jokowi, usai membuka ajang pameran terbesar di Asia dan peringatan HUT Jakarta ke-496.

Setelah membuka secara simbolis, Jokowi tampak berkeliling melihat sejumlah stand yang ada di PRJ. Seperti dalam kunjungannya ke berbagai daerah, eks Gubernur DKI itu juga meladeni permintaan para pengunjung untuk berfoto bersama.

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri ngopi di Jakarta Fair

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Beberapa kali orang nomor satu di Indonesia itu juga mampir di beberapa stand, termasuk di salah satu produk kopi khas Indonesia, Kopi Tubruk Gajah.

Didampingi sejumlah pejabat seperti Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menparekraf Sandiaga Uno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Mereka terlihat ngopi bareng dan duduk dalam satu meja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya