Jokowi dan Ma'ruf Amin Kurban Sapi dengan Berat 1 Ton Lebih di Masjid Istiqlal

Plt Ketua Harian Pengelola Masjid Istiqlal Laksamana (purn), Asep Saepudin
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Peringatan hari raya Idul Adha, pada Kamis, 29 Juni 2023, dijalani semarak yang luar biasa dari umat Muslim. Dalam hal ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), beserta Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, memberikan kurban sapi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Menurut Plt Ketua Harian Pengelola Masjid Istiqlal Laksamana (purn), Asep Saepudin, hewan kurban yang diberikan Presiden dan Wapres RI, memiliki berat yang cukup besar. Dia juga mengatakan bahwa hewan kurban yang disumbangkan ke Masjid Istiqlal mencapai 43 sapi, dan 8 kambing. 

"Menyampaikan bahwa Allhamdulilah hewan kurban pada tahun ini mencapai 43 sapi, dan 8 kambing. Kemudian penyerahan hewan kurban dari Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden dilaksanakan secara resmi," kata Asep kepada wartawan. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Hewan Kurban Milik Presiden dan Wapres RI

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Sebenarnya, sapinya sendiri sudah dua hari yang lalu ada di kami, Masjid Istiqlal, dengan (sapi) Bapak Presiden itu 1,2 ton, dan (sapi) Bapak Wakil Presiden 1,50 ton." 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dalam kesempatan yang sama, Asep menuturkan bahwa sesuai dengan kesepakatan bersama, pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juli 2023. Mengenai pendistribusian hewan kurban, Masjid Istiqlal akan melakukannya lewat kantong-kantong duafa. 

"Mengenai pendistribusiannya, kami lakukan seperti yang sudah-sudah adalah melalui kantong duafa, yang sudah mengajukan permohonan maupun yang sudah mengajukan permohonan melalui survei penelitian ke daerah-daerah." 

Sebelumnya, Ma'ruf Amin Dalam konferensi persnya, yang diselenggarakan setelah Salat Idul Adha, menghimbau bagi masyarakat yang mampu secara finansial untuk berkurban. 

"Saya mengajak semua masyarakat yang mampu punya kelebihan jangan sampai tidak berkurban," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya