Profil Irjen Helmy Santika, Kapolda Lampung yang Bantah Mabes Polri Tangkap Perwira Kasus Narkoba

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika
Sumber :
  • Pujiansyah (Lampung)

Lampung – Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika baru-baru ini menjadi sorotan, karena dirinya  memastikan penangkapan oknum polisi di Polres Lampung Selatan tersebut merupakan hasil pengembangan dari kasus narkoba. Penangkapan itu dilakukan oleh Bidang Propam Polda Lampung bukan dari Tim Mabes Polri.

Epy Kusnandar dan Rekannya Pemain Sinetron Preman Pensiun Fix Positif Narkoba

''Saya ingin meluruskan. Yang mengamankan bukan dari Paminal Mabes Polri. Tapi, dari Propam Polda Lampung," kata Irjen Pol Helmy Santika, usai Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka HUT Ke-77 Bhayangkara di GSG Presisi Mapolda Lampung, Jumat, 30 Juni 2023.

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika

Photo :
  • ANTARA
Sempat Jualan Takjil, Epy Kusnandar 'Preman Pensiun' Kembali Ditangkap Polisi

Nah, berikut profil Kapolda Lampung Irjen Helmy Santikayang VIVa dapat berikan dilansir dari berbagai sumber:

Irjen Helmy Santika secara resmi menjabat sebagai Kapolda Lampung. Ia menggantikan Irjen Akhmad Wiyagus yang kini menjadi Kapolda Jawa Barat. Ia dilantik di pada Jumat, 31 Maret 2023.

Selain Epy Kusnandar, Polisi Tangkap Pemain Sinetron Preman Pensiun Lainnya

Helmy sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo, yang di mana, posisi itu digantikan oleh Irjen Angesta Romano Yoyol.

Profil Irjen Helmy Santika

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika.

Photo :
  • tvOne/Puji.

Helmy Santika lahir pada 20 Desember 1971 atau saat ini berusia 52 tahun. Helmy memiliki seorang istri bernama Lurie Helmy Santika.

Ia adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1993 yang berpengalaman di bidang reserse.

Jabatan pertama yang diemban Helmy setelah lulus dari Akpol adalah Pama Polda Metro Jaya. Setelahnya, ia mengundurkan diri sebagai Wakapolsek Setiabudi selama dua tahun, yaitu 1997-1999.

Dari Jakarta Selatan, Helmy Santika dimutasi ke Denpasar, Bali dan ditunjuk menjadi Kapolsek Kota Denpasar pada 2001-2003.

Setelah itu, ia kembali ke Polda Metro Jaya dan menjabat Kanit II/Psikotropika mulai 2003-2005. Pada 2005, Helmy menjadi Kapolsek Metro Kebayoran Lama.

Jabatan itu hanya ia emban setahun hingga kemudian perpanjangan Kasat Narkoba Polres Metro Jaksel pada 2006-2007.

Masih di tempat yang sama, Helmy Santika berganti jabatan menjadi Kasat Reskrim selama setahun, yaitu 2007-2008.

Di tahun 2010, ia kembali lagi ke Polda Metro Jaya setelah ditunjuk menjadi Kasubdit Resmob Dit Reskrimum.

Setahun setelahnya, ia menjabat sebagai Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya hingga 2013. Jabatan itu menjadi yang terakhir diemban Helmy di Polda Metro Jaya sebelum akhirnya pindah-pindah tempat.

Mulai dari menjadi Kapolres Lampung Utara (2013-2014), Wadirreskrimum Polda Banten (2014-2015), Kapolresta Barelang (2016-2017), hingga Dirresnarkoba Polda Kepri (2017).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya