Pekerja Tambang Ilegal Tewas Tertimbun Longsor di Jambi

Ilustrasi tambang emas ilegal.
Sumber :
  • tvOne/Haswadi

Jambi – Seorang pekerja tambang emas tanpa izin, Biden ditemukan tewas tertimbun tanah yang longsor saat bekerja mencari butiran emas di wilayah Sungai Selembau, Desa Berenai, Kecamatan CNG, Kabupaten Sarolangun. Sedangkan, Biden merupakan warga Desa Noman Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Provinsi Sumatera Selatan.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

"Kejadian itu berawal dari dua warga asal Kabupaten Muratara, Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja mencari emas secara ilegal di Kabupaten Sarolangun, Jambi. Namun, saat mereka bekerja tertimbun tanah longsor di lokasi tambang emas ilegal atau Peti," kata rekan korban Putra dikutip Antara pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Menurut dia, korban tertimbun banyak tanah longsor aktifitas Peti atau tambang emas ilegal. Sementara, rekannya bernama Des sempat yang sempat ditolong warga dikabarkan dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

Ilustrasi Tambang emas ilegal.

Photo :
  • Haswadi/ tvOne Luwu

Selain itu, Putra menyebut Biden masih sempat mengirim uang untuk biaya kuliah anaknya beberapa hari sebelum kejadian ini. Kemudian, kata dia, pihak keluarga meminta Biden agar pulang ke kampung halamannya berlebaran Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah/2023.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Permintaan tersebut ditolak oleh Biden. Alasan Biden saat itu masih ingin bekerja di tambang emas ilegal atau Peti itu. Namun, bukan kabar rencana pulang yang didapat, keluarga korban justru mendapat kabar bahwa Biden tertimbun tanah longsor saat melakukan penggalian emas.

Menurut saksi lainnya, Biden dan rekannya itu bekerja dengan sistem ‘nebeng' yakni melakukan penggalian di dekat galian eskavator. Karena galian baru, tebing di lokasi korban menggali emas runtuh dan menimbun keduanya dengan ketebalan tanah lima meter.

Proses evakuasi ini berlangsung cukup lama, mengingat penggalian dilakukan secara manual atau sekitar dua jam penggalian baru bisa mengeluarkan tubuh korban. Setelah dievakuasi, jenazah Biden langsung dibawa ke Desa Noman Baru dan langsung dimakamkan di TPU Desa Noman Baru.

Sementara, Camat Rupit Makhturidi mengaku belum mengetahui secara detail informasi terkait insiden tertimbunnya Biden saat bekerja di lokasi tambang emas ilegal atau Peti. Memang, kata dia, banyak warga yang nambang di Jambi. "Mereka itu menambang dekat galian eskavator itu yang sering tertimbun longsor," pungkasnya.(Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya