HUT Ke-77 Bhayangkara, Laksamana Yudo: TNI-Polri Makin Solid Hadapi Ancaman Polarisasi

VIVA Militer: Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri di Koarmada III
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan ucapan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Bhayangkara kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang jatuh pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Yudo berharap, di HUT Bhayangkara kali ini Polri dapat bertransformasi menjadi institusi yang lebih responsibilitas dan transparan.

"Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Dengan semangat Presisi, Polri terus bertransformasi untuk menjadi institusi yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat," kata Yudo dalam video yang dikutip VIVA pada Sabtu, 1 Juni 2023.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

VIVA Militer: Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAU dan KSAL di Kodam Cenderawasih

Photo :
  • Dispenad

Yudo yakin, kedepan sinergi antara Polri dengan TNI akan semakin kuat dan solid. Terutama, kata dia, dalam menghadapi ancaman polarisasi yang kerap timbul jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

"Semoga sinergi TNI dan Polri akan semakin solid terutama dihadapkan pada ancaman polarisasi bangsa menjelang Pemilu tahun 2004. Saya optimis TNI dan Polri akan tetap menjadi perekat keutuhan NKRI," tuturnya.

Seperti diketahui, HUT Bhayangkara selalu diperingati setiap tanggal 1 Juli. Pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara tahun ini, diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat.

Dalam peringatan HUT ke-77 Bhayangkara ini, akan ada beberapa pameran yang dihadirkan seperti pameran alat material khusus (almatsus) Polri, kemudian festival pasar rakyat hingga terdapat stand perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan SKCK keliling. 

Sebanyak 1.777 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan khusus pada puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Mereka akan bersiaga di sekitar kawasan GBK agar perayaan HUT Bhayangkara ke-77 berjalan dengan lancar.

Dari total 1.777 personel itu terdiri dari anggota Polda Metro Jaya sebanyak 976 personel, dan 628 personel lainnya dari tingkat Polres. Kemudian, dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang terdiri dari Satpol PP 60 personel, Dinas Perhubungan 55 personel, pemadam kebakaran 30 persen dengan 6 unit mobil, serta 28 personel dari dinas kesehatan dengan empat unit mobil ambulans.

"Rekayasa lalu lintas disiapkan, sifatnya situasional," pungkas Trunoyudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya