Kapolda Papua: Biasanya 1 Juli Ada Gangguan Keamanan namun Saat Ini Semua Kondusif

Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat pemeriksaan pasukan upacara HUT ke-77 Bhayangkara di Markas Komando Polda Papua di Koya Koso, Jayapura, Sabtu, 1 Juli 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jayapura – Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan tidak ada kejadian menonjol atau gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) masyarakat pada tiap 1 Juli.

Penampakan Bule Berpakaian Minim di tengah Ceramah UAS di Lombok

"Memang biasanya di tanggal 1 Juli ada gangguan keamanan namun saat ini semua kondusif," kata Fakhiri di sela-sela peringatan HUT Bhayangkara ke 77 yang dipusatkan di Mako Polda Papua di Koya Koso, Jayapura, Sabtu, 1 Juli 2023.

Setiap 1 Juli juga diperingati oleh kelompok yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai hari Kemerdekaan Republik Papua Barat.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri berbicara kepada wartawan seusai upacara HUT ke-77 Bhayangkara di Mako Polda Papua di Koya Koso, Jayapura, Papua, Sabtu, 1 Juli 2023.

Photo :
  • ANTARA/Evarukdijati

Stabilnya kamtibmas di Papua, menurutnya, tidak lepas dari peran serta semua elemen masyarakat dalam turut serta menjaga keamanan. "Mudah-mudahan situasi seperti ini dapat terus terwujud agar masyarakat beraktivitas dengan aman," harapnya.

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

Dalam pidato sambutannya pada upacara peringatan HUT ke-77 Bhayangkara, dia mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, terutama dalam menyongsong pemilu dan pilkada serentak pada 2024.

Selain itu polarisasi yang dapat memecah belah antarmasyarakat atau anak bangsa tidak terjadi lagi pada pemilu dan pilkada mendatang.

"Mohon doa dan restu dari seluruh elemen masyarakat agar Polda Papua dan jajarannya dapat melaksanakan tugas menjaga stabilitas kamtibmas, mendukung kebijakan pemerintah, dan memberikan rasa keadilan bagi seluruh masyarakat," ujar Fakhiri.

Aparat Brimob patroli di kantor Pemkab Nduga, Papua. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

Seusai upacara peringatan HUT Bhayangkara kemudian dilanjutkan dengan syukuran dan malamnya dilaksanakan panggung prajurit yang dipusatkan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya