Aliansi Umat Islam di Sulawesi Selatan Dukung Bila MUI Keluarkan Fatwa Sesat Ponpes Al-Zaytun

Puluhan Aktivis dan Gabunga Ormas Islam di Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVA/ Supriadi Maud

Makassar – Sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Sulawesi Selatan, mengeluarkan pernyataan sikap terkait polemik keberadaan Pondok Pesantren atau Ponpes Al-Zaytun.

Pimpinan Ponpes di Lombok Diduga Setubuhi 5 Santriwati, Tuduh Jin Pelakunya

Dalam penyampaiannya, Ustadz Farid Ma’ruf Nur, yang membacakan maklumat itu, menyatakan mendukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat untuk segera mengeluarkan fatwa akan kesesatan Pondok Pesantren Al-Zaytun.

“Kami menyatakan mendukung penuh MUI Pusat untuk segera mengeluarkan fatwa terhadap kesesatan Pondok Pesantren Al-Zaytun, yang berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat,” ujarnya didampingi puluhan aktivis dari gabungan ormas Islam, di Markas Laskar Pemburu Aliran Sesat (LPAS), di Kota Makassar, Minggu 2 Juli 2023

Heboh Penemuan Jasad Bayi Sudah Membusuk di Dalam Kaleng Biskuit

Selain itu, aliansi juga meminta dan mendesak Mabes Polri, untuk mengusut dugaan praktek kesesatan dan tindak pidana penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang selaku pimpinan Ponpes Al-Zaytun.

Selanjutnya, pemerintah juga didesak agar segera mencabut izin operasional dan membekukan Ponpes Al-Zaytun.

Diungkap Istri, Anak Kiai Ponpes di Jember Sering Open BO Waria

“Kami juga meminta dan mendesak agar pemerintah segera mencabut izin operasional pondok tersebut dan membekukannya secara kelembagaan,” kata Ustadz Farid, yang juga merupakan ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Sulawesi Selatan.

Panglima LPAS Indonesia, Shiddiq, menyebut persoalan Ponpes Al-Zaytun dan Panji Gumilang, adalah masalah serius yang harus segera diselesaikan pemerintah. Persoalan ini bagi mereka, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Kalau dibiarkan masalah ini berlarut-larut, bisa memicu gesekan dan benturan di lapangan, sehingga persoalan ini harus diselesaikan secepatnya,” tegasnya.

Ormas yang tergabung di Aliansi Umat Islam Sulawesi Selatan adalah:

1. Mabes LPAS Indonesia

2. PA 212 Sulsel

3. GNPF Ulama Sulsel

4. ANNAS Sulsel

5. ANAK NKRI (Aliansi Nasional Anti Komunis)

6. LMPI Panakukang

7. Yayasan Darut Taubah Makassar- Sulsel

8. Forum Santri

9. Forum Arimatea Sulsel

10. Forum Pemuda Islam Makassar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya