Kepala BP2MI Sebut Pemberantasan Sindikat TPPO Tak Berkorelasi dengan Penempatan

Kepala BP2MI Benny Rhamdani
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan pelepasan 152 orang pekerja migran Indonesia pada hari Minggu, 2 Juli 2023. Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengungkapkan bahwa BP2MI akan terus berjuang untuk tenaga kerja Indonesia.

DPR Minta Kasus TPPU Panji Gumilang Segera Diusut Tuntas

‘’BP2MI tak pernah kenal lelah untuk bekerja bagi pekerja migran Indonesia. Di hari libur inipun, waktu untuk keluarga kita korbankan demi pekerja migran Indonesia. Kalian sebagai pahlawan devisa tentu akan selalu menjadi istimewa di mata negara. Muliakan pekerja migran jangan rendahkan,’’ ujar Benny saat memberi arahan di Aula KH. Abdurrahman wahid, kantor BP2MI, Jakarta Selatan.

Pelepasan Pekerja Migran Indonesia

Photo :
  • Natania Longdong/VIVA
Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Benny juga merespon terkait penyesatan yang sengaja dikonstruksi untuk menihilkan upaya keras BP2MI untuk menyukseskan penempatan pekerja migran Indonesia. Menurut Benny, praktek pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) sudah tepat. Dan tak ada korelasinya dengan berkurangnya penempatan.

‘’Di hadapan kalian semua dalam acara pelepasan ini saya katakan isu miring yang dibentuk dan diframing terkait pemberantasan TPPO merintangi atau mengganggu penempatan, itu salah besar. Tidak benar, buktinya sampai sekarang penempatan terus jalan. BP2MI pasti mendukung langkah preventif yang dilakukan Satgas TPPO ini,’’ kata Benny tegas.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Benny membeberkan data untuk jumlah penempatan dari skema G to G yang lonjakannya sangat siginifikan. Pada pekerja migran Indonesia yang diberangkatkan ke Korea Selatan ini Benny meminta mereka agar tetap bekerja dan menjaga nama baik Indonesia. Benny menyebut yang dilakukan Polri sudah tepat.

‘’Polri sudah bergerak dan menangkap mereka yang diduga kuat terlibat dalam praktek TPPO itu membuat sindikat kocar-kacir. Lalu antek-anteknya diminta bicara agar pemberantasan TPPO ini dihentikan. Inikan penghianat namanya. Kita sedang menyelamatkan rakyat yang diperjual-belikan, yang ditangkap itu calo, kaki tangan sindikat, dan mastermind-nya,’’ tutur Benny politisi Partai Hanura ini.

Tak hanya itu, Benny meminta agar semua LSM/NGO satu padu mendukung langkah pencegahan agar tidak terjadinya human trafficking. Sikap profesional, peka terhadap penyelamatan yang dilakukan BP2MI telah ditunjukkan LSM besar yang diharapkan Benny memicu kekuatan lain untuk berkolaborasi.

‘’LSM besar memberi dukungan terhadap apa yang dilakukan Satgas TPPO inI. Tentu BP2MI dalam posisi mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan Mabes Polri yang diturunkan ke Polda-Polda seluruh Indonesia itu. BP2MI tengah serius membenahi, mengaktifkan, melancarkan tata kelola penempatan tapi disatu sisi dihalangi dengan hadirnya sindikat penempatan ilegal pekerja migran Indonesia, masa kita harus diam. Ya, tidaklah,’’ kata Benny.

Diakhir sambuatnnya, Benny berpesan agar pekerja migran Indonesia tetap bangga atas pekerjaan mereka. Dan tidak boleh ada perasaan minder ketika berada di Luar Negeri. Benny menyebut hal itu wajar dilakukan karena pemerintah Indonesia telah menempatkan pekerja migran Indonesia secara terhormat.

‘’Kalian harus berbangga sebagai pekerja migran Indonesia. Apalagi di era ini negara telah menempatkan kalian secara hormat. Derajat pekerja migran Indonesia diangkat. Sehingga tidak boleh bermental inlander. Kalian orang-orang hebat, negara seperti Korea Selatan membutuhkan kalian,’’ tutur Benny menutup.

Yang hadir dalam kegiatan pelepasan pekerja migran Indonesia kali ini adalah Kepala Pusat Data dan Informasi Yana Anusasana Dharma Erlangga, Direktur Mocharom Ashadi, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Firdaus Zazali, Direktur Lismia Elita, Kepala Biro Hukum dan Humas, Hadi Wahyuningrum, dan Kepala Biro Keuangan dan Umum Indra. Hadir juga para jurnalis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya