Bank Mandiri Salurkan 99,99 Persen Bansos Program Sembako & PKH, Total Rp 7,70 Triliun

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • Bank Mandiri

VIVA – Bank Mandiri terus berkomitmen mendukung implementasi pemerintah dalam melindungi masyarakat lapisan bawah dari dampak pandemi. Salah satunya menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) senilai total Rp 7,70 T sampai dengan Juni 2023, yang terdiri atas Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp 3,01 T kepada sekitar 2,02 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan Bantuan Sosial Program Sembako senilai Rp 4,69 T kepada sekitar 3,95 juta KPM.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Penyaluran bansos oleh Bank Mandiri dinilai lebih cepat dan tepat waktu. Penyaluran per Juni 2023 telah menyentuh angka 99,99 persen. Penyaluran hampir tuntas 100 persen. 

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Keterlibatan perseroan dalam penyaluran program bansos pemerintah, merupakan realisasi dukungan Bank Mandiri dalam perbaikan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain mempermudah masyarakat dalam mengakses program ini, Bank Mandiri berkomitmen membantu pemerintah dalam memperkenalkan akses layanan dan fasilitas perbankan kepada masyarakat (inklusi keuangan). 

Adapun, sampai dengan pertengahan tahun 2023 total penyaluran bansos Sembako dan bansos PKH oleh Bank Mandiri saat ini hampir tuntas 100 persen. Bank Mandiri berkomitmen menjalankan penyaluran bansos secara tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat administrasi.  

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

Ketentuan dan Persyaratan Bagi Calon Penerima Bansos

Penerima bansos dari pemerintah adalah masyarakat tidak mampu yang memiliki Nomor Induk Kependudukan dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang selanjutnya ditetapkan oleh Kemensos RI sebagai penerima bansos. 

Pemerintah menyalurkan bantuan sosial melalui kerjasama dengan Bank Himbara (Bank Mandiri, BNI dan BRI), BSI dan Kantor Pos. Mekanisme penyaluran bantuan sosial yang diterima oleh penerima bansos melalui jaringan channel Bank Himbara dan Kantor Pos.

Cara Mencairkan Bansos melalui Bank Mandiri

1. Siapkan Kartu Keluarga Sejahtera

Pastikan untuk membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), buku tabungan dan KTP serta siapkan PIN KKS, sebelum datang ke Cabang atau ATM Bank Mandiri yang sesuai dengan informasi dan data penerima. 

2. Kunjungi Jaringan Bank Mandiri Terdekat (Cabang atau ATM)

Kemudian, Anda hanya perlu mendatangi jaringan Bank Mandiri terdekat di kota Anda dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), buku tabungan dan KTP serta siapkan PIN KKS. 

3. Penerima bansos dapat mencairkan bantuan nya diseluruh jaringan Cabang dan ATM Bank Mandiri sesuai kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya