Trik Jemaah Haji Siasati Kelebihan Barang Bawaan, Ada yang Memelas Hingga Pingsan

Jemaah haji mengakali barang bawaan dengan cover koper jemaah haji
Sumber :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

Jeddah – Berbagai upaya dilakukan para jemaah untuk mengusahakan agar seluruh barang bawaannya bisa di bawa pulang. Seperti diketahui hari ini, Senin, 10 Juli 2023, akan diberangkatkan kembali jemaah haji ke Tanah air  dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah sebanyak 6.428 jemaah dari 18 kelompok terbang.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Setiap kali proses pemulangan, hal yang sering menjadi sorotan adalah banyaknya jumlah barang bawaan para jemaah. Saking banyaknya, barang bawaan jemaah justru tercecer di bandara karena tidak boleh dibawa akibat terlalu berlebih. 

Salah satu jemaah bahkan memiliki trik, membungkus barang bawaannya dengan kain koper. Sekilas barang bawaan tersebut, mirip sekali dengan koper kecil jemaah yang seragam menggunakan kain koper berwarna merah putih. 

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Meski sudah berupaya mengusahakan agar barang bawaannya bisa terangkut, rupanya, petugas PPIH Daker Bandara mengetahui trik tersebut. 

Tak cuma itu, ada juga jemaah haji yang pingsan. Setelah disemprot dengan spray air, ia menangis barang bawaannya tak ingin ada yang tertinggal di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Jemaah haji pingsan karena barang bawaannya mesti ditinggal karena overweight

Photo :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

Perlu diketahui sebelumnya Kepala Daerah Kerja Bandara, Haryanto sempat mengingatkan berkali- kali bahwa barang bawaan jemaah tidak boleh melebihi ketentuan yang telah diberlakukan.

Untuk barang bawaan di bagasi, jemaah hanya boleh membawa barang maksimal seberat 32 kg, dan tas kabin hanya dibatasi maksimal 7 kg.

Untuk barang-barang berlebih yang tidak diizinkan terbawa, terpaksa harus ditinggalkan di bandara dan menjadi barang tercecer. Barang- barang tersebut yang tercecer mulai dari air zamzam, oleh-oleh hingga baju baju bekas pakai jemaah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya