Acara LGBT se-ASEAN Batal Digelar di Jakarta, Begini Kata Penyelenggara

Ilustrasi/Kelompok Pro Lesbian, Gay, Biseks dan Transgender (LGBT).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arus Pelangi

Jakarta - Penyelenggara ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) yang diorganisir oleh ASEAN SOGIE Caucus memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan AAW di Jakarta pada 17-21 Juli 2023 mendatang.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Kami merelokasi tempat acara menjadi di luar Indonesia, setelah menerima serangkaian ancaman keamanan dari berbagai pihak," dikutip VIVA dari keterangan resmi, Rabu, 12 Juli 2023

Pihak penyelenggara juga membeberkan alasannya, yaitu untuk memastikan keselamatan dan keamanan bagi partisipan dan panitia yang mengikuti acara. Penyelenggara juga mengaku telah memonitor situasi dengan sangat teliti termasuk gelombang “anti LGBT” di media sosial. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Mereka menegaskan bahwa acara tersebut adalah dialog dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan, termasuk pihak yang didiskriminasi berdasarkan orientasi seksual, identitas gender, ekspresi gender, dan karakteristik seks mereka (SOGIESC).

Ilustrasi kelompok LGBT

Photo :
  • VIVA/spectrum.com
2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

"Visi bersama kami tentang kawasan ASEAN yang inklusif didasarkan pada keberadaan ruang aman bagi masyarakat sipil dan pemegang hak untuk belajar tentang lembaga tersebut. Untuk membahas masalah yang penting bagi mereka," tulisnya.

Penyelenggara menyebut bahwa acara tersebut juga membahas sejumlah isu tentang ancaman terhadap eksistensi kehidupan dan martabat yang merupakan bagian dari kenyataan sehari-hari yang dihadapi oleh kelompok LGBTQIA+. 

"Kebencian di dunia maya, serangan langsung terhadap para pembela hak asasi manusia, serta pembalasan terhadap pelaksanaan hak-hak sipil dan politik, merupakan masalah yang kami hadapi dan harus ditangani oleh pemerintah," kata ASEAN SOEGI Caucus.

Sebagai informasi, Sebelumnya, komunitas LGBT se-ASEAN dikabarkan berencana ngumpul bareng di Jakarta pada 17-21 Juli 2023. Acara komunitas LGBT itu diduga diinisiasi ASEAN SOGIE Caucus, organisasi di bawah Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2021, bersama Arus Pelangi dan Forum Asia.

“Apakah kalian aktivis queer yang berbasis di Malaysia, Thailand, Laos, Singapura, dan negara lain di Asia Tenggara? Mari bergabung bersama kami dalam ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) Juli ini,” kata ASEAN SOGIE Caucus dalam keterangannya di Instagram, @aseansoegicaucus dikutip VIVA, Selasa 12 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya