Singgung Ketimpangan, Anies Tampilkan Foto Indonesia Timur Gelap saat Malam Hari

Anies Baswedan di Rakernas Apeksi di Makassar
Sumber :
  • Youtube

Makassar – Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga bakal calon Presiden Anies Baswedan menampilkan foto-foto udara atau potret wilayah perkotaan di Indonesia pada malam hari. Dimana titik lampu terang sebagian besarnya ada di Pulau Jawa.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Demikian disampaikan Anies Baswedan saat menyampaikan materi dalam Diskusi Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI 2023 di Makassar, Kamis, 13 Juli 2023. Anies berbicara di depan para Wali Kota se-Indonesia.

Menurut Anies, potret kota-kota di Indonesia pada malam hari menunjukkan wajah ketimpangan yang terjadi di Indonesia saat ini. Dimana lampu-lampu hanya menyala di kota-kota besar yang ada di wilayah Jawa.  

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"Lihat saja, lampu ini menggambarkan kota di Indonesia. Ketika lihat kota-kota ini, di Jawa paling terang di Jakarta dan Surabaya. Begitu masuk Sumatera titik-titik kecil (lampunya). Kalimantan titik-titik kecil. Ini yang lebih rame itu di Serawak, ini Malaysia. Sampai di kawasan Timur gelap," kata Anies.
 
Anies mengaku tidak menggunakan statistik untuk memotret salah satu ketimpangan yang terjadi di Indonesia. Ia hanya menyampaikan ketimpangan yang diilustrasikan dari lampu atau listrik yang menyala pada malam hari di kota-kota di Indonesia. "Dari situ terlihat ketimpangan yang luar biasa," ujarnya

Anies lantas membandingkan ketimpangan dari sisi penggunaan listrik pada malam hari dengan beberapa negara lain. Salah satunya, India yang penduduknya 1,3 miliar, lebih banyak dari pada Indonesia.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Tapi lihat di malam hari terjadi distribusi listrik yang relatif setara," ungkapnya

Mantan Mendikbud ini juga membandingkan kota-kota besar di dunia lainnya, seperti Seoul di Korea Selatan, yang menurutnya memiliki penyebaran energi listrik yang lebih baik dari negara lainnya.

"Jadi visi yang kita ingin tawarkan ke depan, kita ingin di malam hari seluruh kota di Republik Indonesia menyala terang dari udara. Itu kira-kira," terang Anies.

"Jadi jangan sampai kota-kota ini gelap. Kalau gelap perekonomiannya rendah, kontribusinya rendah, dan tentu saja PLN juga harus siapin supply-nya. Barangkali pas di-potret pas byarpet juga," imbuhnya 

bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya