Pengacara Sebut Kondisi Lukas Enembe Drop Jelang Sidang, Dilarikan ke RSPAD

Gubernur Papua yang juga tersangka suap dan pencucian uang, Lukas Enembe
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Petrus Bala Pattyona, pengacara Gubernur Papua non-aktif Lukas Enembe mengatakan kondisi kesehatan kliennya semakin memburuk pada Minggu, 16 Juli 2023 siang. Atas dasar tersebut, Lukas Enembe kemudian dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Saksi Sebut SYL Palak Pejabat saat Kunjungan ke Brazil Hingga Amerika Serikat

Padahal, Lukas Enembe sedianya harus menjalani sidang atas kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi senilai Rp46,8 miliar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin, 17 Juli 2023.

"Jadi benar benar sudah drop kondisi Pak Lukas. Kesehatannya sudah menurun. Sedangkan Senin sudah mulai sidang lagi," kata Petrus dalam keterangannya, Senin, 17 Juli 2023.

Eks Anak Buah SYL Sebut Oknum BPK Minta Rp12 Miliar Demi Terbitkan WTP Kementan

Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe dibawa ke Gedung Merah Putih KPK.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Petrus mengatakan informasi terkait kondisi Lukas Enembe yang semakin buruk itu pertama kali diberitahukan Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat itu, Jaksa KPK meminta agar Petrus membujuk Lukas sehingga mau dibawa ke RSPAD.

Pejabat Kementan Ungkap Pernah Buat Perjalanan Dinas Fiktif Atas Perintah SYL

"Saya dapat kabar itu Sabtu, Bapak Lukas sudah bersedia dibawa ke rumah sakit, tapi karena kondisi kesehatannya yang sudah drop, tapi ditunggu sampai pukul 19.00 WIB tak kunjung dibawa dan baru mau dibawa pukul 21.00 WIB dimana Pak Lukas sudah tidur," ungkapnya.

"Besoknya, hari Minggu, KPK baru mau bawa Pak Lukas ke RSPAD, tapi Pak Lukas sudah kadung kesal, jadi tidak mau dibawa ke RSPAD," tukas Petrus. 

Merasa kesulitan, Jaksa KPK kemudian mengontak Petrus untuk minta bantuan membujuk Lukas Enembe. Petrus menyebut kondisi Lukas Enembe sudah sangat drop lantaran tidak ada makanan yang masuk. Kaki Lukas Enembe pun terlihat bengkak.

Tak hanya itu, Lukas Enembe juga disebut sudah buang air besar dan kecil di atas tempat tidurnya. Muntah juga di atas tempat tidur.

Saat Petrus dan adik Lukas, Elius Enembe datang dan melihat kondisi kesehatannya serta membujuk, barulah Lukas Enembe mau dilarikan ke RSPAD. Setelahnya, Karutan pun mengontak dokter KPK agar membuat surat rujukan.

"Saya lihat, wajah Pak Lukas sudah sangat pucat, karena saat bertemu Pak Lukas diantar dari kamar tahanan oleh lima tahanan dan menjelaskan kondisi Bapak Lukas, bahwa sudah parah, hanya tiduran saja, tidak makan, minum dua hari, bahkan mereka membersihkan tempat tidurnya karena ngompol dan BAB di tempat tidur," ujar Petrus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya