DPR: Media Sosial Peluang Bagi Pelaku UMKM untuk Kembangkan Usahanya

Ketua Komisi I DPR RI,Meutya Hafid (tengah) saat memimpin rapat.
Sumber :
  • Twitter: Meutya Hafid

Jakarta – Media sosial merupakan wadah di mana terjadinya interaksi dan pertukaran informasi antar para pengguna di dunia digital. Menjadi hal yang penting bagi para pelaku UMKM untuk melakukan transformasi digital, karena media sosial peluang bagi pelaku UMKM dalam menjangkau pasar yang lebih luas.

Sempat Ditahan 1 Tahun 4 Bulan, Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid mengatakan saat ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan digital sebagai sarana meningkatkan usahanya. Padahal, peluang bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi bisa menjangkau pasar yang lebih luas baik domestik maupun internasional.

"Untuk percepatan digitalisasi UMKM, pemerintah berusaha mengembangkan masyarakat agar paham akan digital," kata Meutya melalui keterangannya pada Minggu, 16 Juli 2023.

Waspada Modus Pencuri Sepeda Motor yang Pura-Pura Kecelakaan

Disamping itu, kata dia, pemerintah berusaha untuk memperluas jaringan internet di berbagai daerah yang masih belum memadai, dibantu, dan diberikan pelatihan-pelatihan. "Agar usaha mereka tidak tertinggal dan dapat beradaptasi," ujar Anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Ilustrasi UMKM (finance.detik.com)

Photo :
  • vstory
Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Menurut dia, penggunaan digital sangat berpengaruh dan memberikan dampak pada peningkatan UMKM, dibuktikan oleh banyaknya pelaku UMKM yang sukses memanfaatkan digital dalam meningkatkan usahanya.

Sementara Founder Kaum Design, Geofakta mengatakan transformasi UMKM menuju digital saat ini sangat mudah dijalankan. Menurut dia, UMKM merupakan sebuah proses bisnis yang harus belajar secara pelan-pelan dalam teknologi yang semakin berkembang dan semakin menguasai zaman saat ini. 

"Hanya dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini sangat mudah digunakan, pelaku UMKM dapat menemukan peluang-peluang baru bagi bisnisnya," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya