Jokowi Ganti Wamenag Zainut Tauhid karena Permintaan PPP

Presiden Jokowi usai melantik Menkominfo Budi Arie di Istana Negara, Jakarta
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima wakil menteri (wamen) baru di Istana Negara, 17 Juli 2023. Salah satunya jabatan Wakil Menteri Agama yang kini dijabat Saiful Rahmat Dasuki

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Saiful Rahmat menggantikan Zainut Tauhid Sa'adi sebagai Wamenag. Keduanya sama-sama berasal dari Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. 

Ditemui usai pelantikan, Presiden Jokowi mengakui pergantian jabatan Wamenag ini atas permintaan partai. "Oh, itu ada permintaan dari partai," kata Jokowi di Istana Negara, Senin.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Jokowi berharap kepada para menteri dan wakil menteri yang baru dilantik agar segera menyesuikan diri untuk bekerja cepat, menuntaskan program-program pemerintah. "Kita ini hanya punya waktu yang sangat pendek. Satu setengah tahun kurang," ujarnya

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki

Photo :
  • Setpres
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sementara itu, Saiful Rahmat mengatakan penunjukkan dirinya sebagai Wamenag merupakan hak prerogatif Presiden. Ia berterimakasih atas amanah yang diberikan dan akan bekerja sebaik-baiknya.

"Ini kan sebenarnya prerogatif presiden, tapi kebetulan memang itu diminta oleh Presiden, akhirnya ketua umum memberikan amanah kepada saya. Saya mengucapkan banyak terima kasih, dan kebetulan ini tanggal 17, sesuai dengan nomor PPP nomor 17, mudah-mudahan ini menjadi berkah, tanda alam," ungkapnya

Ia menerangkan Presiden Jokowi telah memberikan arahan untuk melanjutkan tupoksi Wamenag sebelumnya, membantu Menteri Agama menyukseskan program-program unggulan dalam waktu 1,5 tahun ini.

"Bagaimana mencapai tahun moderasi beragama, toleransi yang semakin tinggi, dan menjaga kemajemukan untuk Indonesia," ujarnya "Tentunya searah dengan apa yang diinginkan pak menteri, arahan pak menteri dan presiden,"

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik lima orang wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Berdasarkan surat yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti, lima wakil menteri baru yang dilantik tersebut yakni:

1. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri
2. Nizar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika
3. Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
4. Roeslan Roesani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara
5. Saiful Rahmat Wakil Menteri Agama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya