Garuda Bakal Rawat Pesawat yang Dibeli Polri Nyaris Rp1 Triliun, Ini Alasannya

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta -- Perawatan pesawat Boeing 737 800NG dengan registrasi P-7301 yang dibeli Polri dengan harga nyaris Rp1 triliun bakal menggandeng maskapai Garuda Indonesia.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Penempatan pesawat berikut perawatan lain-lainnya itu berurusan dengan Garuda. Jadi kita menerima paket lengkap dari Garuda sudah kerja sama, baik untuk perawatannya dan lainnya," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Shandi Nugroho kepada wartawan, Senin, 17 Juli 2023.

Kerja sama ini, kata dia, dilakukan berdasarkan masukan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tujuannya, yaitu guna menekan penggunaan biaya.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

"Kalau kita melakukan perawatan sendiri kemudian mengadakan pilot sendiri, tentunya biaya cukup besar. Maka mendapatkan masukan ternyata ada opsi yang bisa untuk perawatan pesawat maupun untuk kelengkapan lainnya," ujarnya.

Pesawat baru jenis Boeing 737 Next Generation milik Polri

Photo :
  • ist
Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Viral di Media Sosial

Pesawat berwarna putih biru merah bertuliskan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) viral di media sosial. Video tersebut terlihat sedang uji coba lepas landas dari salah satu lapangan udara. Namun belum diketahui secara pasti landasan itu di mana.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @gfffgbhf356664234556, dimana pesawat tersebut bertuliskan warna biru Kepolisian Negara Republik Indonesia (Indonesian National Police), kemudian ada logo Polri dan polisi Presisi.

Berdasarkan informasi dari LPSE-Polri, tercatat kode paket 18995044 dengan nama paket Konsultan Jasa Penilai Pengadaan Pesawat Terbang (Fixed Wing) Transportasi Pimpinan dan Angkut Double Engine Type Jet Beserta Peralatan Pendukung dari Tambahan Anggaran Mendesak Polri T.A 2022.

Harga Pesawat 

Rencana Umum Pengadaan tertulis tanggal pembuatan 5 Oktober 2022, tahap paket saat ini sudah selesai. Kemudian, paket oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dari Satuan Kerja Slog Polri.

Sementara itu, jenis pengadaan berupa jasa konsultasi Badan Usaha non konstruksi dengan metode pengadaan langsung.

Nilai pagu paket Rp1.000.000.000.000. Lalu, nilai HPS Paket sebesar Rp586.163.250, tahun anggaran APBN 2022. 

Jenis kontrak lumsum, dan lokasi pekerjaan di Jl. Bekasi Timur Raya No. 86, Cipinang, Jakarta Timur. Selanjutnya, disebutkan juga syarat kualifikasi dan peserta non tender ada 1 peserta.

Adapun, pemenangnya tertulis KJPP Anas Karim Riva dan rekan dimana alamat kantor di Perkantoran Permata Kebayoran Plaza Blok A-11, Jl. Raya Kebayoran Lama Nomor 225, Jakarta 12220, Jakarta Selatan. 

Tertulis di sana, harga penawaran Rp586.024.500; harga terkoneksi Rp586.024.500; hasil negosiasi Rp579.198.000. 

Selanjutnya, tercatat lagi paket terkait pengadaan pesawat terbang, dengan nama paket Manajemen Konsultan Jasa Penilai Pengadaan Pesawat Terbang (Fixed Wing) Transportasi Pimpinan dan Angkut Double Engine Type Jet Beserta Peralatan Pendukung dari Tambahan Anggaran Mendesak Polri T.A 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya