Muktamar Muhammadiyah Dongkrak Penumpang KA

Kereta api Rapih Dhoho mogok di Jl. Kapasari, Surabaya.
Sumber :
  • Fiqih Arfani | Surabaya Post

VIVAnews - Muktamar Muhammadiyah Ke-46 yang digelar di Yogyakarta berdampak terhadap kenaikan jumlah penumpang kereta api tujuan Yogyakarta. Bahkan, berdasarkan data dari PT KA Daops VI Yogyakarta menyebutkan, jumlah okupansi penumpang semua kereta api tujuan Kota Pelajar ini naik di atas 100 persen.

Kepala Humas PT KA Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan menjelang dan selama digelarnya Muktamar Muhammadiyah satu abad yang dipusatkan di Yogyakarta mempengaruhi kenaikan jumlah penumpang kereta api. Hanya saja, jumlah persisnya penumpang dari peserta muktamar tidak bisa dihitung secara pasti

"Kontribusi penumpang peserta Muktamar Muhammadiyah kepada PT KA Daops VI Yogyakarta sangat tinggi. Tapi, berapa jumlahnya kurang tahu. Mengingat pelaksanaan muktamar ini juga bertepatan dengan musim liburan,” kata dia kepada VIVAnews, Sabtu 3 Juli 2010.

Selanjutnya, ia menyebutkan, lonjakan jumlah penumpang ini terlihat dari okupansi semua kereta api tujuan Yogyakarta. Di antaranya, jumlah okupansi kereta api eksekutif mencapai 100 persen. Bahkan, untuk kereta api kelas bisnis dan ekonomi jumlah lonjakan penumpang hingga di atas 100 persen.

"Padahal, pada kondisi normal rata-rata jumlah okupansi penumpang kereta api sekitar 70 persen," tutur Eko.

Dengan adanya kenaikan jumlah penumpang ini, Eko mengaku kalau pihaknya selama Muktamar Muhammadiyah ini menambah jumlah satu rangkaian kereta api eksekutif tambahan, Argo Dwi Pangga Ekstra yang melayani jalur Solo-Yogyakarta-Jakarta.

Kereta ini, menurutnya, akan dijalankan mulai tanggal 4 – 10 Juli 2010. Penambahan ini dilakukan untuk mengantisipasi jumlah lonjakan penumpang. "Dipastikan, 9 Juli mendatang merupakan puncak kepulangan para peserta muktamar. Sedangkan, puncak kedatangan peserta terjadi pada hari kemarin," ujarnya.

"Saya berani mengatakan banyak peserta muktamar naik kereta, karena selama menjelang pembukaan muktamar banyak sekali mobil dan petugas panitia yang menjemput ke stasiun di Yogyakarta," kata Eko. (sj)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024