Info Terbaru Soal Zamzam Tambahan untuk Jemaah dan Petugas Haji

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief
Sumber :
  • MCH 2023

JAKARTA- Pengumuman terkait pemberian air zamzam tambahan sebanyak 5 liter menjadi kabar bahagia untuk para petugas haji dan juga para jemaah. Kabar bahagia ini sempat disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas beberapa waktu yang lalu saat meninjau penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/ 2023 M.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Karena adanya air zamzam tambahan ini, nantinya para petugas dan jemaah haji bisa menerima total 10 liter air zamzam. Meski demikian, air zamzam tambahan belum bisa sampai ke tangan para jemaah maupun petugas haji lantaran masih dalam proses pengiriman. 

Air Zamzam

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jumat 21 Juli 2023, ia sempat memastikan bahwa tambahan air Zamzam itu saat ini sedang dalam proses pengiriman.

“Sekedar informasi juga, kami di Kemenag sudah memproses pembelian zamzam secara resmi dari e-hajj, dan itu juga sudah merupakan hasil dari komunikasi kita dengan kementerian haji dan umrah Kerajaan Arab Saudi," terang Hilman saat menyambut kepulangan tim Media Center Haji (MCH) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M di Bandara Seokarno-Hatta Cengkareng.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Hilam yang juga didampingi oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag, Ahmad Fauzin juga mengatakan, "Saat ini kita berada dalam tahapan proses pengiriman zam-zam ke Indonesia,” ungkapnya.

Kepulangan Tim Media Center Haji (MCH)

Perlu diketahui, Hilman dan Fauzin menyambut kepulangan tim MCH PPIH Arab Saudi yang berjumlah 56 orang. Tim ini merupakan bagian dari petugas PPIH yang pulang paling awal ke tanah air. Mereka tiba di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng pukul 09.00 WIB menggunakan pesawat terbang Saudia Airlines. Selama para petugas haji layanan MCH, mereka bertugas di Daerah Kerja (Daker) Bandara, Daker Madinah, dan Daker Makkah.

Sama halnya dengan jemaah haji, tim MCH juga nantinya akan mendapatkan 5 liter air zamzam tambahan. Namun, masih harus menunggu kabar untuk pengambilan karena saat ini masih dalam proses pengiriman. 

Terkait kepulangan tim MCH ke Indonesia, Hilman sangat mengapresiasi kinerja sahabat media yang tergabung dalam tim MCH. Tim ini sangat membantu dalam mengawal peliputan penyelenggaraan haji 2023.

"Saya memberikan apresiasi tinggi kepada teman-teman MCH yang telah bertugas dengan biak dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Berkat teman-teman media, katanya banyak  informasi dan kebijakan haji tersosialisasikan dengan baik ke jemaah.

"Segala bentuk informasi yang tidak benar bisa terklarifikasi dan bisa tersampaikan dengan baik kepada keluarga jemaah sehingga membuat keluarga di Indonesia bisa tenang,” ungkapnya.

Hilman juga menjelaskan, adanya MCH merupakan bagian dari komitmen Kementerian Agama dalam mengawal keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2023.

“Terima kasih kepada semua petugas atas dedikasi dan keikhlasan dalam melayani haji. Semoga mabrur dalam bertugas dan ibadah. Aamiin,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya