Sempat Hilang di Arab Saudi, Jemaah Haji Asal Lampung Ternyata Jadi Korban Hipnotis

Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo mengantarkan jemaah haji asal Lampung Utara
Sumber :
  • tvOne/Pujiansyah

Bandar Lampung – Seorang jemaah haji asal Lampung Utara yang sempat dilaporkan hilang selama empat hari di Arab Saudi, akhirnya berhasil ditemukan. Bersyukur, jemaah haji wanita bernama Endang Yunita Suryani itu ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah kembali ke Tanah Air. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Endang dilaporkan menjadi korban dihipnotis dan kehilangan uang tunai Rp6 juta. Ia akhirnya berhasil ditemukan oleh petugas haji pada Jumat, 21 Juli 2023 malam. Jemaah tersebut langsung dipulangkan ke Tanah Air dan tiba di Asrama Haji Lampung pada Senin, 24 Juli 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung, Puji Raharjo mengatakan, jemaah haji  bernama Endang Yunita Suryani tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) JKG 41.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Dari penuturan jamaah haji tersebut, ia mengaku dihipnotis oleh orang tak dikenal. "Dari laporan petugas Kantor Daker, korban dihipnotis orang, lalu kehilangan uang tunai Rp 6 juta. Selama empat hari hilang, dia tidak ingat apapun," kata Puji Raharjo, Rabu, 26 Juli 2023.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Endang dipulangkan bersamaan dengan jemaah dari Kelompok Terbang (Kloter) JKG-49 dari Bandar Lampung dan Tanggamus. Setibanya di Asrama Haji, kondisinya sehat.

"Kondisinya sehat, sesampainya di Asrama Haji, langsung dijemput keluarganya dan dibawa pulang ke Lampung Utara," ucap Puji Raharjo.

Menurut Puji, peristiwa yang dialami Endang Yunita Suryani merupakan gejala psikologis dan hal yang wajar. "Banyak jamaah haji yang masih awam dan merasa polos, ketika bepergian jauh dari tempat tinggalnya," beber dia. 

Laporan: Pujiansyah/tvOne Bandar Lampung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya