Jawaban Anies Baswedan Ditanya Bakal Lanjutkan Proyek Tol Trans Sumatera Jika Jadi Presiden

Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jakarta – Bakal Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan memastikan akan melanjutkan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), jika dirinya terpilih menjadi presiden. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Hal itu dikatakan Anies saat berkunjung ke Jambi, Rabu, 26 Juli 2023. Diketahui, Anies hari ini diundang memberikan pidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang digelar di Balairung Universitas Jambi (Unja).

Anies menuturkan, bahwa semua program yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bakal menjadi prioritasnya jika terpilih presiden. Tak tekecuali proyek JTTS. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

“Kalau dicek apakah pembangunan jalan tol itu dimulai tahun 2014? tidak juga. Apakah subsidi BBM dimulai 2014? tidak. Apakah jembatan dan bandara dimulai 2014? tidak. Jika itu (JTTS) dirasakan manfaatnya, itu akan diteruskan, pasti!,” kata Anies Baswedan.

Anies Baswedan di Nasdem Tower.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?
Hanya saja, kata Anies, saat ini dilanjutkan dirinya ingin ada unsur pemerataan yang harus ditingkatkan. Pemerataan yang dimaksud, kata dia, pemerataan pintu exit tol. Yaitu, perlu diperbanyak berdasarkan kebutuhan masyarakat, bukan berdasarkan kebutuhan pengembang tol.  

Untuk diketahui, Jalan Tol Trans Sumatera adalah proyek pembangunan jalan tol yang telah dirancang sejak zaman SBY kemudian direalisasikan pada era Presiden Jokowi. 

Jalan tol ini rencananya menghubungkan Lampung sampai Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.840 km. Ada empat tahap proyek untuk menyambungkan keseluruhan. Namun sejauh ini baru tahap 1 yang sudah beroperasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya