Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas
Sumber :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Tangerang -- Satu dari delapan jemaah haji asal Indonesia yang hilang, sampai saat ini belum ditemukan. Atas kondisi tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memerintahkan, para petugas yang masih berada di Arab Saudi, untuk terus melakukan pencarian.

"Dari 8 yang dilaporkan hilang, 7 sudah ditemukan dengan 3 d iantaranya dinyatakan wafat. Sementara, 1 lainnya masih dalam proses pencarian. Dan kita perintahkan kepada petugas yang masih berada di sana (Arab Saudi) untuk terus mencari jemaah kita yang hilang sampai ketemu, tanpa batas waktu," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Juli 2023.

Pihaknya pun juga melakukan koordinasi dengan otoritas Arab Saudi, tim SAR dan kepolisian setempat, untuk terus membantu melakukan proses pencarian terhadap satu jemaah yang masih hilang atas nama Idun Rohim Zen, usia 87 dari Embarkasi Palembang (PLM) kelompok terbang (kloter) 20.

Penasaran Senam Rahasia Jemaah Haji? Yuk, Intip 28 Ribu Jemaah Beraksi!

Jemaah Haji asal Indonesia di Muzdalifah

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti


"Kita terus ikhtiar dan koordinasi dengan otoritas di Arab Saudi, baik SAR dan kepolisian. Jadi, terus dicari sampai ketemu, mudah-mudahan masih hidup, kalau pun sudah kondisi wafat ya kita lakukan dengan baik," ujarnya.

Proses pencarian tanpa batas waktu ini pun akan dilakukan Kementerian Agama sampai otoritas Arab Saudi menyatakan, bila yang bersangkutan dinyatakan tidak ditemukan.

"Terus dicari, sampai pihak otoritas Arab Saudi menyatakan yang bersangkutan tidak ditemukan," ungkapnya.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Launching senam haji dan peragaan batik haji Indonesia

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Meski low impact, gerakan senam haji diharapkan mampu menjadi bekal jemaah sebelum berangkat agar kondisi saat melaksanakan haji secara sempurna.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024