Pimpinan KPK Sepakat Tolak Pengunduran Diri Brigjen Asep dari Direktur Penyidikan

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepakat untuk menolak pengunduran diri dari Brigadir Jenderal Asep Guntur Rahayu dari Direktur Penyidikan sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

Catatan KPK untuk Program Makan Siang Gratis di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa lima pimpinan KPK sudah sepakat mulai hari ini Brigjen Asep ditolak pengunduran dirinya dari KPK.

"Jadi tentang Pak Asep jadi betul kemarin hari Senin dia berkirim surat ke pimpinan, hari ini tadi pimpinan sudah mendisposisi sepakat sudah menolak pengunduran Pak Asep," kata Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Rabu 2 Agustus 2023.

Dipanggil KPK Pekan Depan, Segini Harta Kekayaan Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta

Gedung Merah-Putih KPK

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Ali menjelaskan bahwa saat ini Asep Guntur masih menjabat sebagai Direktur Penyidikan dan Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

KPK Bocorkan Hasil Penggeledahan Rumah Adik SYL di Makassar

"Artinya Pak Asep tetap menjadi Direktur Penyidikan dan juga Plt. Deputi Penindakan," kata Ali.

Pengunduran diri Asep Guntur itu dilakukan buntut polemik dari kasus dugaan korupsi di Basarnas yang melibatkan Kepala Basarnas Henri Alfiandi dan Anggota TNI AU sekaligus Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas, Letkol Adm Afri Budi Cahyanto.

Sebelumnya, Brigadir Jenderal Asep Guntur Rahayu dikabarkan telah mengundurkan diri sebagai Direktur Penyidikan sekaligus Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK juga turut membenarkan hal itu.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri membenarkan bahwa Brigjen Asep Guntur telah mengajukan pengunduran diri sebagai pejabat lembaga antirasuah.

"Betul, informasi yang kami terima bahwa yang bersangkutan akan mengajukan surat dimaksud kepada pimpinan," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Senin 31 Juli 2023.

Ali pun menegaskan keputusan diterima atau tidaknya pengajuan surat pengunduran diri Asep Guntur tetap ada di tangan pimpinan KPK.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan atau Eksekusi KPK Asep Guntur

Photo :
  • Zendy Pradana/ VIVA.

Ia juga menjelaskan pimpinan lembaga antirasuah itu mendukung penuh kinerja tim penyidik dalam mengungkap sebuah kasus korupsi. Terkhusus dalam dugaan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Basarnas.

"Begitupun penting juga kami sampaikan bahwa pimpinan mendukung penuh langkah dan upaya yang telah dilakukan Tim Penyelidik dan Penyidik dalam rangkaian proses penanganan dugaan tindak pidana korupsi di Basarnas ini," ucap Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya