Jawaban Menohok Irjen Firman ke Emak-Emak di Gresik yang Ngomel Anaknya 13 Kali Tak Lulus Uji SIM

Kakorlantas Irjen Polisi Firman Shantyabudi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menanggapi perihal seorang emak-emak yang ngomel karena anaknya 13 kali tak lulus ujian SIM (Surat Izin Mengemudi) di Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Gresik, Jawa Timur.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Emak-emak itu disarankan agar anaknya mempelajari dulu materi-materi yang ada di dalam ujian teori. Apalagi, Korlantas kini sudah meluncurkan buku panduan latihan ujian teori SIM.

"Kami berikan pertama ibu itu untuk membaca ujian teori," ucap Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi kepada wartawan, Sabtu 5 Agustus 2023.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Lajur baru ujian praktik SIM C di Satpas SIM Polda Metro Jaya di Daan Mogot.

Photo :
  • Dokumentasi Pribadi

Selain itu, emak-emak itu dianjurkan agar mengasah keahlian anaknya dalam berkendara lagi. Kata dia, petugas tidak mungkin meluluskan pemohon yang belum cakap berkendara. Alasannya tentu bisa berimbas pada kecelakaan lalu lintas yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

"Kita tidak ingin memberikan kemudahan dengan yang tidak berkompeten kita kasih SIM, apa itu polisi baik artinya? Tidak. Saya akan membuat yang bersangkutan menjadi korban atau tersangka dalam sebuah kecelakaan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan apabila pemohon masih saja gagal untuk tidak berkecil hati karena artinya masih harus lebih banyak latihan. Firman minta polisi lalu lintas wilayah mengakomodir pemohon yang gagal seperti ini.

"Ajak mereka untuk latihan, karena penting latihan-latihan ini, kan gak perlu bayar," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang menggambarkan seorang emak-emak berbusana hijau tengah ngomel karena anaknya 13 kali tak lulus ujian SIM di Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Gresik, Jawa Timur, viral di media soaial. 

Kepolisian menanggapi hal itu sebagai masukan dan bahan evaluasi. Namun kepolisian membantah semua tuduhan emak-emak tersebut.

Emak-emak tersebut diketahui bernama Marita. Video tersebut dibuat pada 1 Agustus 2023 dan diunggah akun TikTok @seaghost0777. "Tadi pagi saya sempat adu mulut di Satlantas Polres Gresik, Jawa Timur, tempat domisili saya," kata wanita itu dalam videonya yang dilihat VIVA pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Dia mengaku terlibat adu mulut dengan petugas Satlantas Polres Gresik karena anaknya tak lulus-lulus ujian tertulis SIM sebanyak 13 kali. "Saya tuh tadi sempat mau menemui Pak Kasatlantasnya [Polres Gresik] setelah anak saya tidak diluluskan untuk ke-13 kalinya. Tapi tidak diperkenankan," ujar Marita.

Untuk diketahui, Korps Lalu Lintas Polri mengatakan lajur baru ujian praktik untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C alias SIM motor bakal diterapkan di seluruh Tanah Air, pada Senin, 7 Agustus 2023. Lajur baru berbentuk huruf S.

"Sore ini saya sengaja datang ke Daan Mogot yang nanti hari Senin kita harapkan dua hari ini masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada hari ini," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Santyabudi di Kantor Satpas SIM Polda Metro Jaya, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat 4 Agustus 2023.

Berikut ini detail perubahan sirkuit tersebut:

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test;

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S;

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya