Dua Jalur Pendakian Sempat Ditutup, Begini Update Penanganan Kebakaran di Gunung Rinjani

Gunung Rinjani.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar.

Lombok – Jalur pendakian Aik Berik Lombok Timur di Gunung Rinjani terbakar sejak Jumat, 4 Agustus 2023. Bahkan api terus menjalar di jalur pendakian Tetebatu Lombok Timur.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Berdasarkan laporan update Petugas Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), per 8 Agustus 2023, ada empat titik kebakaran baru yang terdeteksi di Aik Berik, yaitu 8.464996°S 116.40266°E (HS 13), titik -8.46559°S 116.40284°E (HS 14), titik -8.46883°S 116.40104°E (HS 15) dan titik -8.46943°S 116.40128°E (HS 16).

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai TNGR, Dwi Pangestu, mengatakan, tim pemadam melalui Aikbual sejak Senin, 7 Agustus 2023 melakukan pemadaman secara langsung pada titik yang terdeteksi sebelumnya yaitu 6 dan HS 7 (Gunung Tain Manuk menuju ke arah lereng Gunung Kondo/Sangkareang).

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

“Sekitar pukul 16.00 Wita api berhasil dipadamkan sehingga bisa memutus api untuk tidak menyebar semakin luas ke arah lereng timur. Sementara lereng sebelah barat di sekitar Kokok Lenek, kebakaran masih terjadi dengan arah api menuju kebagian bawah dan tim terus memantau pergerakan api,” katanya dalam keterangan pers, dikutip Rabu, 9 Agustus 2023.

Saat ini, katanya, api telah berhasil dipadamkan di lereng bagian barat. “Sekitar pukul 15.00 Wita setelah selesai melakukan mop up untuk memastikan api benar-benar padam tim dijadwalkan untuk kembali ke Aikbual,” ujarnya.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Sementara tim pemadam di jalur Tetebatu sejak Senin kemarin terus memadamkan api. Namun sejak hari ini petugas tidak melihat adanya titik api di jalur tersebut. Petugas terus melakukan penyisiran untuk memastikan api benar-benar padam.

Dua Jalur di Gunung Rinjani Ditutup Sementara Akibat Kebakaran

135 Hektare Lahan di Gunung Rinjani Terbakar

Photo :
  • Istimewa

Sebanyak dua jalur pendakian ditutup sementara akibat kebakaran di Kawasan Gunung Rinjani yang terus meluas sejak Jumat, 4 Agustus 2023. Dua jalur tersebut yaitu jalur pendakian Aik Berik Lombok Tengah dan jalur Tetebatu Lombok Timur.

Kepala Balai TNGR Dedy Asriadi mengatakan penutupan tersebut tertuang dalam surat keputusan nomor: PG.1158/T.39/TU/KSA/8/2023.

"Penutupan ini untuk memperhatikan kejadian kebakaran hutan yang terjadi tanggal 4 Agustus 2023 di Jalur Wisata Pendakian Aik Berik dan Tetebatu di kawasan TNGR," katanya dalam keterangan pers.

Penutupan sejak 7 Agustus 2023 hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Pendaki diminta tidak melalui jalur tersebut serta mewaspadai kebakaran yang dapat meluas.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Dwi Pangestu mengatakan pendaki dialihkan menggunakan jalur lain.

"Nanti yang sudah mendaftar lewat kedua jalur tersebut kita alihkan ke jalur yang lain ke jalur Sembalun Lombok Timur, Senaru dan jalur Torean Lombok Utara,” katanya.

Saat ini petugas masih melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Kondisi lokasi kebakaran yang cukup terjal membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya