Cerita Gubernur Sumut Edy: 3 Tahun, Saya Berjualan Kue Buatan Ibu

Gubernur Edy Rahmayadi di acara Festival Seni dan Qasidah Sumut
Sumber :
  • B.S Putra

Sumatera Utara - Dalam keluarga ekonomi sederhana, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berbagi cerita di masa kecil. Ia membantu ibunya berjualan kue di kawasan Kampung Keling, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Cerita tersebut, dibagikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan pada Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut, Minggu malam, 13 Agustus 2023, di lapangan Kantor Gubernur Eks Medan Club, Jalan Kartini, Kota Medan.

"Ya, saya memang hidup dalam kondisi ekonomi sederhana. Tiga tahun, saya berjualan kue buatan ibu saya," ucap Gubernur Edy.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Kemudian, Edy Rahmayadi menjabat sebagai Pangdam I Bukit Barisan, dia mengajak ibunya keliling di Kampung Keling sembari nostalgia dirinya berjualan kue, untuk membantu perekonomian keluarga.

"Dan saat saya jadi Pangdam (I/BB), saya bawa Emak ke toko yang biasa saya jualan kue di Kampung Keling (Madras)," sebut Gurbernur Edy.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Atas didikan kedua orang tua, Edy Rahmayadi lulus di Akademi Militer (Akmil) tahun 1985. Ia pun, meniti karier di dunia militer di tanah air ini, dengan jabatan terakhir sebagai Pangkostrad. 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Photo :
  • VIVA.co.id/BS Putra

Kemudian, Edy Rahmayadi bersama Musa Rajekshah pada tahun 2018 maju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan terpilih sebagai orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut ini.

"Jadi yang saya besarkan (membanggakan) itu Emak saya," tutur mantan Ketua Umum PSSI itu.

Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut, Gubernur Edy sempat menyaksikan berbagai penampilan, mulai dari lagu-lagu islami, sajian drama kolosal hingga kilas masa kecil Edy Rahmayadi, yang tergambar dalam lagu berjudul Ayah Untuk Negeri.

Edy Rahmayadi meminta para pelaksana seni qasidah dan masyarakat meramaikan setiap gelaran festival maupun konser yang bernuansa Islami. Sehingga tidak kalah gaungnya dengan konser musik yang lain.

Selanjutnya, Gubernur Edy pun memberi catatan kepada para pelaksana dan semua pihak yang terlibat dalam Festival Seni dan Qasidah, bersama masyarakat untuk memberikan perhatian besar pada kegiatan seperti ini. Sebab, ada nuansa konser di dalamnya, yang harusnya bisa lebih meriah dari konser lainnya.

"Banyak seni yang beredar di dunia, kita tak boleh kalah, seni mana yang bisa menuntun kita. Saya ingin konser-konser seperti ini, yang datang lebih banyak, jangan mau kalah dari konser lain. Kalau perlu, disiapkan agar tiga bulan sekali ada konser (festival) seperti ini dan tempatnya lebih besar. Juga soundsystem-nya ditambah," ujar Gubernur, didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Biro Kesra Dhani Lubis, Kepala Biro Umum Dedi Harahap dan pejabat lainnya.

Cara tersebut, kata Gubernur, agar telinga masyarakat terbiasa dan akrab dengan lagu-lagu islami seperti qasidah/musik rebana. Termasuk dalam resepsi pernikahan yang sejatinya sakral, menggunakan hijab dan ada lantunan ayat Alquran di dalamnya, dapat diiringi dengan lagu yang menuntun kehidupan.

"Hidup adalah pilihan, seni adalah teman hidup. Berarti tanpa seni, manusia (seakan) tak punya kehidupan. Tetapi mana lagu-lagu yang menuntun kita pada kebaikan, islami, supaya kita membiasakannya. Yang lain boleh datang (konser), tetapi kita tak boleh kalah. Dan saya bangga dengan LASQI Sumut, bisa menorehkan tinta emas di tingkat nasional," katanya.

Selain itu, pada kegiatan festival yang berlangsung 10-13 Agustus 2023 di Hotel Le Polonia dan Lapangan Kantor Gubernur Eks Medan Club, Ketua Harian LASQI Sumut Daud Syah Munthe melalui Ketua Dewan Juri Muhammad Tuah Sirait mengumumkan para pemenang lomba dari berbagai cabang perlombaan seperti Bintang Vokalis Gambus Remaja Putra, Putri dan Dewasa, Pop Religi Remaja, serta Rebana Klasik.

Adapun yang keluar sebagai juara umum pada Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 adalah Kota Tanjungbalai, dengan jumlah perolehan medali terbanyak. Para pemenang juga mendapat uang pembinaan hingga belasan juta rupiah, serta dihadiahi tablet dari Dinas Kominfo Sumut.

Penutupan acara Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut itu ditandai dengan nyanyian 1.000 Mujahid oleh group vocal Maidani, diikuti ribuan hadirin yang memadati lokasi festival. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya