Bupati Ponorogo Ungkap Rahasia di Balik Nama Putrinya Jian Ayune Sundul Langit

Anak Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jian Ayune Sundul Langit
Sumber :
  • Instagram @jianayune

Ponorogo – Putri pertama dari Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, tengah jadi sorotan warganet belakangan ini. Netizen terterik dengan nama sang putri yang terbilang unik: Jian Ayune Sundul Langit. Lantas apa yang melatarbelakangi Sugiri memberikan nama unik tersebut kepada putrinya itu?

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

“Dulu kita maunya, kan, blakblakan, terus tidak njlimet, punya harapan biar anak ini dengan nama bagus, dengan nama yang tinggi itu kemudian diikuti dengan adab yang baik, dengan semangat yang baik. Harapan orang tua, kan, begitu dulu,” kata Sugiri dihubungi VIVA pada Senin, 14 Agustus 2023.

Sugiri mengaku bahwa nama anak pertamanya itu adalah disematkan dirinya sendiri. Ttidak ada kejadian atau isyarat khusus ketika putrinya itu lahir sehingga memberikan nama seperti itu. “Boten (Tidak ada kejadian atau isyarat khusus). Di sini pun banyak anak-anak yang minta nama ke saya dengan nama-nama unik,” ujarnya.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Anak Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jian Ayune Sundul Langit

Photo :
  • Instagram @sugirisancoko26

Mantan Ketua DPRD Jatim itu menjelaskan, dalam secara harfiah, dalam Bahasa Jawa kata ‘Jian’ artinya ‘Sangat’. Sedangkan kata ‘Ayune’ artinya sebagaimana umumnya orang pahami, yaitu cantik. Bila digabungkan maka berarti ‘sangat cantik’.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Adapun makna Sundul Langit, jelas Sugiri, “Sundul itu, kan, mentok, ya. Sundul kepala, sundul plafon, berarti, kan, mentok plafon. Saya berharap anak ini tidak hanya cantik, tapi punya kecerdasan spritual yang tinggi, kecerdasan sosial yang tinggi.”

“Sehingga dengan nama itu membingkai, tidak mungkin tidak semangat dengan nama setinggi itu. Artinya dia akan belajar. Tidak mungkin tidak baik dengan punya nama begitu, pasti, kan, dia akan menata hidupnya dengan platform yang sudah ditulis dengan nama itu,” imbuh mantan anggota DPRD Jatim itu.

Nama Jian Ayune Sundul Langit bikin heboh warganet setelah Sugiri Sancoko membagikan video momen putrinya yang lulus dari Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, di akun Instagramnya, @sugirissancoko26. Sugiri mengutarakan kebanggaannya atas diwisudanya putrinya itu.

Selamat ya nduk.. Jian Ayune Sundul Langit @jianayune,” tulis Sugiri di akun Instagramnya.

Unggahan itu langsung direspons banyak netizen. Mereka tertarik menyorot nama putri Sugiri yang dibilang unik. “Keren, Pak, menamai anaknya menggunakan pendekatan idiosinkratis,” tulis netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya