Nama 3 Anak Bupati Ponorogo yang Juga Seunik Jian Ayune Sundul Langit

Anak Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jian Ayune Sundul Langit
Sumber :
  • Instagram @sugirisancoko26

Ponorogo – Putri pertama dari Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, tengah jadi sorotan warganet karena memiliki nama yang unik, yaitu Jian Ayune Sundul Langit. Tahukah Anda, ternyata tiga saudara Jian Ayune ternyata juga memiliki nama yang tak biasa. Semuanya mengandung Bahasa Jawa dan mempunyai makna yang dalam.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan bahwa dirinya memiliki empat anak, tapi satu sudah meninggal dunia. Jian Ayune Sundul Langit adalah anak pertama yang lahir pada 11 Januari 2001. “[Saya] Ada 4 [anak], yang satu meninggal. Tinggal 3 [anak],” katanya kepada VIVA melalui sambungan telepon genggam, Senin, 14 Agustus 2023.

Anak kedua, lanjut mantan anggota DPRD Jatim itu, adalah laki-laki dan diberi nama Bintang Panuntun Qolbu. “[Anak] Yang meninggal saya kasih nama Pangeran Sampurno. [Anak] Yang terakhir, Gibran Cahyaning Pengeran,” ujar Sugiri.

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Anak Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jian Ayune Sundul Langit

Photo :
  • Instagram @jianayune

Bupati yang kini berkiprah politik di PDIP itu mengaku, tak pernah mengalami kejadian atau isyarat khusus saat memberikan nama pada anak-anaknya. Hal yang pasti, nama-nama yang disematkan kepada para anaknya diharapkan turut melekat dan memengaruhi pada kehidupan mereka.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Termasuk nama Jian Ayune Sundul Langit yang disematkan kepada anak pertamanya. “Dulu kita maunya kan, blakblakan, terus tidak njlimet, punya harapan biar anak ini dengan nama bagus, dengan nama yang tinggi itu kemudian diikuti dengan adab yang baik, dengan semangat yang baik. Harapan orang tua, kan, begitu dulu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, secara harfiah, dalam Bahasa Jawa kata ‘Jian’ artinya ‘Sangat’. Sedangkan kata ‘Ayune’ artinya sebagaimana umumnya orang pahami, yaitu cantik. Bila digabungkan maka berarti ‘sangat cantik’.

Adapun makna Sundul Langit, menurut Sugiri, “Sundul itu, kan, mentok, ya. Sundul kepala, sundul plafon, berarti, kan, mentok plafon. Saya berharap anak ini tidak hanya cantik, tapi punya kecerdasan spiritual yang tinggi, kecerdasan sosial yang tinggi.”

“Sehingga dengan nama itu membingkai, tidak mungkin tidak semangat dengan nama setinggi itu. Artinya dia akan belajar. Tidak mungkin tidak baik dengan punya nama begitu, pasti, kan, dia akan menata hidupnya dengan platform yang sudah ditulis dengan nama itu,” ujarnya.

Nama Jian Ayune Sundul Langit bikin heboh warganet setelah Sugiri Sancoko membagikan video momen putrinya yang lulus dari Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, di akun Instagramnya, @sugirissancoko26. Sugiri mengutarakan kebanggaannya atas diwisudanya putrinya itu.

“Selamat ya nduk.. Jian Ayune Sundul Langit @jianayune,” tulis Sugiri di akun Instagramnya.

Unggahan itu langsung direspons banyak netizen. Mereka tertarik menyoroti nama putri Sugiri yang dibilang unik. “Keren, Pak, menamai anaknya menggunakan pendekatan idiosinkratis,” tulis netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya