Hasto Sebut Proyek Food Estate Prabowo Bagian dari Kejahatan Lingkungan: Bu Mega Prihatin

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut proyek food estate atau lumbung pangan di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah bagian dari kejahatan lingkungan hidup.

Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

Hal itu disampaikan Hasto, bertalian dengan temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang adanya dugaan uang hasil kejahatan lingkungan sebesar Rp 1 triliun mengalir ke partai politik. 

"Kami mengapa memberikan suatu catatan yang sangat kuat terkait dengan upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi untuk membangun food estate," kata Hasto di Bogor, Selasa, 15 Agustus 2023. 

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Hasto lebih jauh menerangkan, program itu dalam praktiknya banyak disalahgunakan, pasalnya banyak hutan-hutan yang ditebang habis.

"Tetapi dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, dan kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estatenya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," kata Hasto.

Daftar Pemimpin Negara yang Menjadi Buronan LCC, Terbaru dan Terlengkap!

Food Estate (ilustrasi).

Photo :
  • Dok. PUPR

Untuk itu, Hasto mengingatkan semua pihak pentingnya merawat bumi Indonesia. Hasto juga mendorong masyarakat untuk mencari calon pemimpin yang memiliki rekam jejak merawat bumi Pertiwi Indonesia.

"Mari kita cari pemimpin yang betul-betul punya track record dalam merawat Pertiwi, merawat kehidupan dalam merawat kehidupan, di dalam membangun masa depan yang berkemajuan bagi seluruh komponen bangsa," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Hasto meminta PPATK agar segera mengungkap temuan tersebut. Apalagi, klaim Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri punya perhatian terhadap lingkungan.

"Kami dorong PPATK untuk sampaikan, apalagi ini terkait dengan lingkungan. Bu Mega sangat menaruh perhatian," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya