9 Baju Adat yang Dipakai Jokowi dari Tahun ke Tahun Saat Pidato Kenegaraan

Hadiri Sidang di MPR/DPR, Jokowi Pakai Baju Adat dari Tanimbar Maluku
Sumber :
  • Youtube DPR RI

VIVA – Presiden Indonesia, Joko Widodo, dikenal akan kehadirannya di berbagai acara kenegaraan dengan berbagai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pada Rabu 16 Agustus 2023, beliau akan menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI 2023 serta Sidang Bersama DPR dan DPD 2023 yang berlokasi di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.

Tiba pada pukul 08.30 WIB, Presiden Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku, sementara Ibu Negara Iriana tampak anggun dengan kebaya kuningnya. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Di ruangan yang sama, Presiden Jokowi juga akan memberikan pidato terkait Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia serta menyampaikan keterangan pemerintah mengenai RUU APBN 2023 pada siang hari.

Bukan pertama kalinya, Jokowi sering mengenakan pakaian adat di berbagai acara resmi. Berikut beberapa pakaian adat yang pernah dikenakan Jokowi.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

1. Baju adat Bugis

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Bugis

Photo :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Mengenakan pakaian adat dalam acara kenegaraan telah menjadi ciri khas Presiden Jokowi. Sebagai contoh, pada Sidang Tahunan MPR 2017, beliau memilih pakaian adat Bugis Sulawesi Selatan. 

Bugis merupakan tempat kelahiran Jusuf Kalla yang saat itu menjadi wakilnya. Sementara itu, Jusuf Kalla mengenakan pakaian adat khas Jawa, asal Presiden Jokowi. Kata Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki, ide bertukar pakaian adat itu ide dari Jokowi.

2. Baju adat Aceh

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Aceh saat upacara HUT RI ke-73

Photo :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto

Sementara itu, pada upacara kemerdekaan tahun 2018, pilihan jatuh pada pakaian adat Aceh. Baju adat Aceh tersebut bernama Linto Baro. Pakaian tersebut memang umumnya dikenakan saat acara pemerintahan.

Bagian atas pakaian disebut dengan Meukasah, sementara bagian bawah berupa celana panjang hitam yang disebut Siluweu. Meukasah adalah pakaian hasil tenunan yang sangat halus dan merupakan lambang kebesaran masyarakat Aceh.

3. Adat Sasak NTB

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB di Sidang Bersama DPD-DPR

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Daftar panjang pilihan pakaian adat Presiden mencakup adat Sasak (NTB) pada 2019. Jokowi mengenakan pakaian itu saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang bersama DPR-DPD, Jumat, 16 Agustus 2019.

Baju adat Sasak khas Nusa Tenggara Barat ini dikenakan Jokowi berwarna cokelat dengan bawahan kombinasi hitam, emas, dan oranye.

4. Baju adat Sabu Raijua

Presiden Jokowi mengenakan Baju Adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur saat menghadiri Sidang Tahunan MPR,DPD, dan DPR di Senayan Jakarta 14 Agustus 2020. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Pada tahun 2020 Presiden Jokowi pernah mengenakan pakaian adat Suku Sabu Raijua (NTT) saat sidang tahunan MPR RI pada 14 Agustus 2020. Baju adat ini dipilih karena melekatnya prinsip egaliter pada pakaian tersebut.

5. Baju adat Suku Baduy (Banten)

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy.

Photo :
  • Twitter/@KSPgoid

Pada sidang tahunan MPR RI 16 Agustus 2021, Jokowi mengenakan pakaian adat Urang Kanekes atau suku Baduy. Pakaian ini berupa setelan atasa dan celana hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri. Saat itu Jokowi memakai udeng kepada berwarna biru, sandal hitam ala Baduy lengkap dengan tas rajut warna cokelat.

6. Baju adat Paksian (Bangka Belitung)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat sidang tahunan MPR 2022

Photo :
  • Instagram ANTARA/Foto: Laila Rochev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat menghadiri sidang tahunan MPR-RI tahun 2022, Jokowi mengenakan baju adat Paksian khas Bangka Belitung. Pakaian yang dikenakan Jokowi itu hijau berpadu warna merah dan emas bagian bawah.

7. Baju adat Pepaduan, Lampung

Presiden Jokowi dan Iriana, Pakain Adat Lampung

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat upacara khusus pada tahun 2021, beliau memilih pakaian adat Pepadun dari Lampung. Ciri khasnya terlihat dari jenis kain dan topi yang dikenakannya.

Desainer Lampung Aan Ibrahim mengatakan, pakaian yang dikenakan Jokowi adalah busana khas yang kerap digunakan para pemuka adat Lampung pepadun.

8. Baju adat Buton, Sulawesi Tenggara

Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan busana adat Buton

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat menjadi inspektur Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu, 17 Agustus 2022, Presiden bersama Ibu Iriana memilih baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Pakaian adat yang disebut dolomani ini merupakan salah satu pakaian adat kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi kesultanan.

9. Baju adat Tanimbar Maluku

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI Bersama DPR dan DPD 2023

Photo :
  • (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

Kali ini, Kepala Negara tampak mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku dan Ibu Negara mengenakan kebaya berwarna kuning. Jokowi dan Iriana mengenakan baju adat itu saat hadir di Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya