Cerita Pembawa Baki yang Sepatunya Copot Saat Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Lily Indriani Wenda.
Sumber :
  • Doc Sekertaris Presiden.

Jakarta – Lily Indriani Wenda bertugas sebagai pembawa baki bendera negara sang merah putih di Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Merdeka pada Kamis 17 Agustus 2023. Namun, justru ada momen yang tak terduga dialami oleh Lily Wenda.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Lily Wenda menceritakan pengalaman sepatunya terlepas ketika tengah membawa baki bendera negara sang merah putih. Pembawa baki asal Papua itu mengaku merasa senang ketika dirinya berhasil lolos menjadi pembawa baki bendera negara sang merah putih di Hari Kemerdekaan yang ke-78 tahun.

"Senang banget bangga juga jadi pembawa baki dari Papua," kata Lily dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 17 Agustus 2023.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Anggota Paskibraka Kibarkan Merah Putih di HUT RI ke-78 di Istana Merdeka

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden/Tangkapan Layar

Lily menjelaskan bahwa perjuangan sampai dengan saat ini bisa menjadi pembawa baki. Ia mengaku awalnya hanya menjadi seorang serpihan kiri.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

"Dari awal tuh gak jadi baki jadi serpihan kiri, seiring berjalannya waktu terus jadi baki baki, jadi bisa, lancar semuanya," kata Lily.

Namun demikian, Lily mengaku bahwa hal tak terduga yang terjadi saat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Merdeka adalah sebuah pantangan untuk dirinya sendiri. Tapi dia senang akhirnya bisa bertemu secara langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Formasi kan yang sepatunya terlepas kan itu yang tantangan banget, karena menyesuaikan tangan ya jangan kelepas (bakinya), itu tantangan banget ya buat aku," ucap dia.

"Seru banget, bangga juga karena bisa naik tangga, gak grogi pas turun tangga gak grogi. Jadi senang, bangga banget kan, apalagi bertemu langsung dengan Pak Jokowi," tegasnya.

Detik-detik Sepatu Lily Lepas saat Jadi Pembawa Baki

Peringatan HUT Republik Indonesia atau HUT RI ke-78 di Istana Negara

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Insiden tidak biasa terjadi seusai pengibaran Bendera Merah Putih di Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2023.

Kendati salah satu sepatu paskibraka lepas, pembawa baki bendera Merah Putih, Lily Indriani Wenda tetap tersenyum. Momen lepasnya sepatu itu terjadi saat Lilly dan Tim Paskibraka selesai mengibarkan bendera Merah Putih.

Mulanya, Lilly juga sukses menghantarkan sang saka Merah Putih untuk dikibarkan oleh tiga orang pasukan pengibar, pembentang dan penggerek bendera.

Namun sepatu kirinya terlepas saat kembali ke barisan pasukan delapan. Meskipun satu sepatu miliknya terlepas, insiden itu tidak menyurutkan semangatnya dan tetap profesional menyelesaikan semua proses formasi. Lilly Wenda tetap terlihat tersenyum, meski mengalami insiden salah satu sepatunya terlepas. 

Profil 

Lilly Indriani Supratman Wenda menjadi pembawa baki nasional 2023. Dia merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan.

Informasi yang dibacakan pembawa acara di Istana Merdeka, Lilly Indriani merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan. Lilly Wenda lahir di Wamena pada 15 Mei 2007. Saat ini, dirinya menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas mengibarkan bendera adalah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 itu saat ini menjabat Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya