Dorong Potensi Masyarakat, PAN Beri Ruang Tenaga Profesional Go International

Bendera Partai Amanat Nasional (PAN). Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN)  terus mendorong potensi keahlian yang dimiliki masyarakat sampai go international. Hal itu dikemukakan Anggota Komisi IX DPR Fraksi PAN Dapil Jakarta III Dian Istiqomah.

Anggota DPR Sebut Wacana Luhut soal Kewarganegaraan Ganda adalah Angin Segar

Menurut Dian, PAN memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri. Dalam hal ini, PAN melakukan kerja sama dengan beberapa negara untuk menyumbang tenaga profesional untuk dikirimkan ke luar negeri.

"Seperti perawat-perawat Indonesia dikirim ke Kuwait, yang di sana pun bisa jadi pegawai negeri. Mungkin ini kesempatan buat perawat di Indonesia untuk bisa kerja di sana apalagi sekarang sangat dibutuhkan sekali," kata Dian dalam keterangannya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Heran dengan Gugatan PAN, Suhartoyo Tanya Ketua KPU: Ada Suara Setengah Enggak?

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dian mengatakan, dengan masifnya penyebaran masyarakat Indonesia di luar negeri, membuat potensi ekonomi negara dapat meningkat. Berdasarkan data Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), jumlah diaspora Indonesia di luar negeri mencapai 8 juta orang yang tersebar di sejumlah negara pada 2021.

Jokowi dan Gibran Tak Dianggap Kader Lagi oleh PDIP, Qodari: Kesalahan Fatal

Dalam data tersebut, sumbangan devisa dari diaspora mencapai Rp 130 triliun di tahun 2021. 

PAN melihat potensi diaspora di Indonesia sangat terbuka lebar di berbagai sektor. Karena itu, Dian mengatakan, ada beragam tenaga profesional dari Indonesia lainnya yang juga bekerja di sana.

Adapun para pekerja di Indonesia yang dikirimkan di antaranya  pramugari dan pegawai bank.  "Yang saya tahu, pramugari juga banyak dari Indonesia, pegawai bank, terus di sana tuh beberapa bank yang menggunakan Western Union kebanyakan dari Indonesia,” kata Dian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya