Seperti Wapres, Menko PMK Muhadjir Effendy Akan Berkantor di Papua 3 September

Menko PMK Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, akan berkantor di Papua. Itu dilakukan dalam rangka mengatasi masalah kelaparan hingga stunting di wilayah tersebut.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono, di Kantor Kemenko PMK, Rabu, 23 Agustus 2023. Dia menyebut, Muhadjir akan terbang ke Papua awal September 2023.

Rencana ini menyusul agenda Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, yang juga akan berkantor di Papua mulai 4 September 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

"Apakah Pak Menko akan ikut berkantor (di Papua), ikut. Kalau enggak salah, tanggal 3-an (September 2023)," ucap Nunung di Kantor Kemenko PMK.

Nunung mengatakan, mantan Mendikbud RI itu telah 2 kali ke Papua untuk meninjau bencana kelaparan dan konflik sosial yang terjadi. Katanya, dua hal itu terjadi didorong oleh faktor kemiskinan.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Kemiskinan dan stunting di sana tinggi dan menjadi sasaran untuk ditangani secara serius," ungkapnya.

Terkhusus bencana kelaparan di Papua Tengah yang menewaskan 6 orang, Nunung menyebut hal itu disebabkan oleh gagal panen. Adapun gagal panen ini diakibatkan cuaca ekstrem, yang diperkirakan terjadi sejak Mei sampai dengan Agustus.

"Sekitar 3 bulanan untuk membuat tanaman di sana tidak tumbuh itu membuat kemudian hasil-hasil pertanian tidak bisa digunakan untuk baik untuk masyarakat di sana apalagi di sekitarnya," jelas Nunung. 

Diketahui, Wapres Ma’ruf Amin diagendakan mulai berkantor di Papua pada 4 September 2023 mendatang. Selama berkantor, Wapres akan didampingi sejumlah menteri dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya