Jokowi Senang Berkesempatan Lihat Keberagaman Seni Budaya di Mozambik

Presiden Jokowi saat menyaksikan festival budaya di Mozambik.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Mozambik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja kenegaraan bertemu Presiden Republik Mozambik, Filipe Nyusi di Maputo pada Rabu, 23 Agustus 2023. Tampak, hubungan persahabatan Indonesia dengan Mozambik saat Jokowi menghadiri pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik yang digelar di Lapangan Asosiasi Red Bulls, Maputo, Republik Mozambik.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Saya senang bisa diberi kesempatan untuk melihat keberagaman seni budaya dalam event budaya,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi memakai baju batik lengan panjang disambut oleh Presiden Republik Mozambik, Filipe Nyusi. Setelah mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, parade kebudayaan dimulai. Perwakilan dari 11 provinsi yang ada di Mozambik dengan memakai pakaian adatnya bergantian melintas di hadapan kedua Kepala Negara.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Jokowi saat menyaksikan festival budaya di Mozambik.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Selesai parade, Jokowi disajikan penampilan tarian kolosal diikuti dengan tarian setiap provinsi. Festival tersebut merupakan acara kesenian tahunan yang digelar Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Mozambik. Lalu, ada 1.500 seniman dari seluruh Mozambik yang mempertunjukkan berbagai seni seperti kerajinan tangan, musik, film, tarian, fotografi, gastronomi dan lainnya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; serta Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi, Herry Sudrajat.

Sementara, hadir Menteri Budaya dan Pariwisata Mozambik, Eldevina Maturula; Sekretaris Negara, Judite Musaculla; dan Gubernur Provinsi Maputo, Julio Parruque.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya