Google Doodle Hari Ini Tampilkan Danau Toba, Peringati Perayaan 3 Tahun Jadi Global Geoprak UNESCO

Google doodle hari ini Danau Toba
Sumber :
  • Ist

VIVA – Pada Kamis, 31 Agustus 2023, Google memajang doodle berupa gambar indah sebuah danau yang dikelilingi bukit-bukit, sebagai bentuk penghormatan terhadap peresmian Danau Toba di Sumatera Utara sebagai Global Geopark UNESCO

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Keputusan tersebut diambil selama sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis pada tahun 2020. Dalam sidang tersebut, ada 16 lokasi yang ditunjuk sebagai UNESCO Global Geopark, salah satunya adalah Kaldera Toba.

“Doodle hari ini merayakan Danau Toba, di pulau Sumatra, Indonesia! Ini adalah danau kawah terbesar di dunia dan salah satu danau terdalam di dunia. Danau Toba merupakan alam akibat letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba ribuan tahun lalu. Danau Toba juga menawarkan pemandangan indah dan merupakan rumah bagi Geopark Global UNESCO. Pada hari ini di tahun 2020, Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO,” tulis Google dalam situs resminya.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Danau Toba

Danau Toba.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra
7 Rahasia Google

Diketahui jika Kaldera Toba meletus lebih dari 74.000 tahun yang lalu dan menciptakan Danau Toba. Letusan besar tersebut menyebabkan ruang magma gunung berapi tersebut runtuh, yang akhirnya membentuk pulau yang sekarang dikenal sebagai Samosir. Pulau ini merupakan tujuan wisata terkenal dan rumah bagi beberapa suku etnis Pribumi.

Masyarakat Adat Batak Toba merupakan penghuni asli danau tersebut. Desa-desa tradisional mereka yang penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah menakjubkan menarik pengunjung yang penasaran dari berbagai penjuru. Di desa-desa, pengunjung biasa melihat tarian tradisional seperti Tor-Tor dan suvenir ukiran kayu asli.

Adian Nalambok, Danau Toba, Sumatera Utara.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati

Banyak wisatawan juga mengunjungi Danau Toba karena beragam aktivitas luar ruangan dan keajaiban alamnya yang menakjubkan. 

Apabila mereka tidak takut ketinggian, bisa mengunjungi Huta Ginjang untuk bermain paralayang, sementara mereka yang lebih menyukai air dapat bersantai di pantai atau berkayak melintasi danau. 

Air terjun Sipiso-piso di dekatnya juga dikatakan sebagai pengalaman luar biasa yang menghilangkan semua kekhawatiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya