Jokowi Tunjuk Bey Machmudin jadi Pj Gubernur Jawa Barat Gantikan Ridwan Kamil

Presiden RI Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin (kiri) di sela-sela kunjungan ke Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

Jakarta – Presiden Joko Widodo menunjuk Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ridwan Kamil yang habis masa jabatannya pada 5 September 2023.

Jokowi soal Bobby Nasution Gabung Gerindra: Sudah Dewasa, Tanggung Jawab Ada di Dia

Penunjukan Bey Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat, berdasarkan Tim Penilai Akhir atau TPA yang dipimpin Presiden Jokowi pada Kamis, 31 Agustus 2023.

“Ya kemarin diputuskan, Presiden memimpin langsung,” kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat, 1 September 2023.

MK Tolak Gugatan Gerindra Minta Penghitungan Suara Ulang Pileg di Jabar IX
MK Tolak Gugatan PDIP soal Suara Direbut PAN di Dapil Jawa Barat

Selain itu, Jokowi juga kabarnya sudah memutuskan nama-nama Penjabat Gubernur untuk sepuluh provinsi lainnya yang akan habis pada September 2023 ini. Diantaranya Nana Sudjana menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah, serta Ayodhia Kalake yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTT.

Kemudian Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua, Sang Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali. Ada nama Hasanudin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara, juga Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

Lalu, Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur NTB, Harrison Azroi, sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat, dan Bachtiar Baharuddin sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

"Ini kan masing-masing gubernur kan ada yang tanggal 5 (September), ada yang tanggal segini, ada yang tanggal segitu. Nanti akan di putuskan dan mereka beliau-beliau akan dilantik dengan waktu yang tidak terlalu lama karena akan akan dilantik segera oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya