Ganjar Bicara Pentingnya Kolaborasi di Industri Kreatif

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong edukasi, kolaborasi, investasi hingga perlindungan terhadap kekayaan intelektual sebagai faktor kunci dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

May Day, Apindo Harap Hubungan Buruh dan Pengusaha Harmonis

"Kita bicara ada tiga hal. Ada edukasi, kolaborasi dan ada yang berinvestasi," ujar Ganjar saat menjadi narasumber dalam acara IdeaFest 2023 yang diadakan di The Ballroom at Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis malam, 31 Agustus 2023.

Terkait dengan edukasi, Ganjar menjelaskan perlunya untuk sadar akan membayar royalti ketika menggunakan karya orang lain. 

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Kita bisa mengedukasi diri sendiri, dan kalau kita bayar royalti, maka sampai kapan pun dia (pelaku industri krearif) akan berkreasi. Dan mungkin dia akan cuti, dia akan diam dan dia akan bisa menghasikan," ujar Ganjar saat memaparkan materinya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei

Dengan topik 'Toward the Future: Indonesia as Epicenter of Intellectual Property and Creative Economy', Ganjar mengajak para peserta acara untuk merenungkan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam ranah ekonomi kreatif dan kekayaan intelektual. 

Ganjar ingin melihat generasi muda Indonesia mampu mengembangkan bakat mereka secara optimal, sambil melindungi karya-karya mereka secara adil dan mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Ganjar berharap bahwa Indonesia akan menjadi pusat perhatian dalam hal ekonomi kreatif dan kekayaan intelektual.

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan pernah berkomunikasi langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suatu momentum terkait dengan perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Menurut Ganjar, Jokowi sangat memahami permasalahan dan industri kreatif di Indonesia. Ganjar pun berdiskusi dengan Jokowi terkait hal tersebut. 

"Kita ngobrol sama Pak Jokowi. Pak tau enggak industri kreatif perkembangannya. Sangat tau Pak Jokowi," kata Ganjar usai kegiatan.

Ganjar pun dalam momentum itu menyampaikan sejumlah aspirasi terkait ekonomi kreatif, seperti menghargai karya para seniman, memberikan kemudahan perizinan karena izinnya sulit dan lain sebagainya.

Menurut Ganjar, Jokowi telah memberikan solusi atas hal tersebut. Hal itu, kata Ganjar, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung industri kreatif agar terus maju dan sejahtera. 

"Ternyata beliau paham sekali," ucap Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya