Ganjar-Taj Yasin Pamitan ke ASN Jateng, Titip Jangan Korupsi!

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin berpamitan ke ASN
Sumber :
  • tvOne/Didiet Cordiaz

Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengeh Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin berpamitan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMD hingga ormas di Jawa Tengah, di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 5 September 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ganjar-Taj Yasin yang sudah memimpin pemerintah Provinsi Jawa Tengah, akan mengakhiri masa jabatannya pada hari ini. Mereka berpamitan, karena mulai besok sudah kembali ke masyarakat dan menjadi warga biasa.

Pamitan Ganjar-Taj Yasin di GOR Jatidiri, Semarang, itu dihadiri ribuan orang dari berbagai kalangan. Antara lain, Forkopimda Jawa Tengah, pejabat eselon 2-4, instansi vertikal, kepala sekolah dan guru, direksi BUMD, organisasi wanita, ormas, organisasi usaha, kepala desa budayawan, difabel, camat hingga nelayan.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Acara pamitan yang digelar ini berlangsung dengan penuh haru. Ganjar-Gus Yasin satu persatu menyalami setiap undangan yang datang dengan iringan lagu 'Sampai Jumpa' milik Endank Soekamti.

Bahkan, beberapa dari mereka sampai meneteskan air mata saat momen salam-salaman itu. Ganjar dan Gus Yasin juga melayani foto bersama oleh para undangan yang datang.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Dalam kesempatan itu, turut diputar video singkat perjalanan dan capaian kerja yang dilakukan Ganjar dalam dua periode. Mulai periode pertama bersama Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko dan periode kedua bersama Wagub Taj Yasin.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin berpamitan ke ASN

Photo :
  • tvOne/Didiet Cordiaz

Pemutaran video itu pun membuat para tamu undangan yang hadir tak mampu membendung air mata. Termasuk Ganjar, yang tampak berulang kali bergetar suaranya saat memberikan sambutan.

Di akhir sambutan, Ganjar yang didampingi Taj Yasin Maimoen memberikan salam hormat dengan menundukkan badan ke arah masyarakat. Aksinya disambut gemuruh tepuk tangan tamu undangan.

Ganjar mengatakan capaian yang diraih Jawa Tengah saat ini merupakan hasil kerja keras bersama. Dukungan seluruh unsur masyarakat yang hadir pada kesempatan itu, kata Ganjar, berperan pada kemajuan Jateng.

Menurutnya, selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah tidak ada rintangan yang berarti. Ganjar merasa semuanya mudah karena dukungan dari ASN, hingga masyarakat Jateng selama ini.

"Sebenarnya berat si enggak, karena didukung oleh kawan-kawan masyarakat yang penting mindsetnya mereka mau berubah. Mungkin satu dua tidak mau berubah itu yang jadi kerikil saja dan alhamdulillah pada akhirnya mereka mau berubah," kata Ganjar

Ia berpesan kepada seluruh para ASN atau birokrat Jateng agar tetap menjaga integritasnya, merubah mindset dalam melayani masyarakat, seperti yang sudah dia lakukan selama 10 tahun memimpin Jateng.

"Maka tadi pada sambutan saya perhatikan sikap, jaga integritas, merubah mindset yang sudah ada 10 tahun, melayani masyarakat, dan tidak korupsi untuk sebuah birokrasi," ujar Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar akan purna tugas dan digantikan oleh Pj Gubernur Jateng yang sudah ditunjuk Presiden Jokowi. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Pj Gubernur Jateng, Komjen (Purn) Nana Sudjana. Rencananya Ganjar akan bertemu Nana besok.

"Kita sudah pamit dan besok sertijab kita juga sudah telpon calon Pj, kita akan bertemu besok pagi sekarang sudah dipersiapkan, Pak Sekda ke sana," ujarnya
 
Setelah acara perpisahan di Jatidiri, Ganjar dan Gus Yasin akan menghadiri pesta perpisahan dengan masyarakat di Jalan Pahlawan Kota Semarang. "Menemui masyarakat karena ada acara sore dan malam juga pokoknya hari ini saya pamitan dengan masyarakat," imbuh Ganjar.

Laporan: Didiet Cordiaz/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya