Jadi Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin Beberkan Pesan Khusus Jokowi

Bey Triadi Machmudin sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Jakarta - Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil. Pelantikan Bey dan Pj gubernur lainnya dilakukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam kesempatan itu, Bey memastikan beberapa hal yang harus dilakukan setelah resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Salah satunya yaitu berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait agar Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman.

"Yang pertama mungkin yang pasti adalah kami jajaran pemerintah dan juga KPU, Bawaslu, dan lainnya, harus menjamin bahwa pemilu pada 2024 ini baik Pilpres, Pilwapres, Pileg, dan juga Pilkada Serentak tergelar dengan aman, lancar, dan juga menjamin bahwa ASN, TNI, Polri netral. Itu mungkin sementara itu saja," kata Bey kepada wartawan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Pelantikan PJ Gubernur

Photo :
  • ald/HUMAS MENPANRB

Namun, Bey menegaskan akan mengikuti seluruh proses serah terima jabatan atau sertijab dari Ridwan Kamil. Setelah itu, baru menggelar rapat pimpinan dengan Forkopimda Jabar.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

"Baru saja dilantik, jadi nanti ada acara sertijab, nanti saya menghadiri acaranya Kang Emil, baru besok kami rapim," katanya.

Bey pun membeberkan pesan khusus Presiden Jokowi untuk dirinya agar senantiasa menjalankan tugasnya sebagai Pj Gubernur Jawa Barat dengan baik. "Intinya (pesan dari Jokowi), bekerja dengan baik lah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian resmi melantik 9 orang Penjabat (Pj) Gubernur. Pelantikan itu dilakukan langsung di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Pelantikan sejumlah Pj Gubernur tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan Tahun 2018 sampai 2023. Kemudian juga, 74/P Tahun 2023 tentang Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan Tahun 2018 sampai 2023.

Berikut ini nama 9 Pj Gubernur yang diputuskan Jokowi:

1. Pj Gubernur Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) Hassanudin
2. Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
3. Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana 
4. Pj Gubernur Bali Irjen Pol (Purn) Sang Made Mahendra Jaya
5. Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake
6. Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi
7. Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin
8. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto
9. Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya