Brigjen Djuhandani: Rocky Gerung Diperiksa Lagi Pekan Depan, Tadi Dia Minta Disetop

Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan penyidik akan memeriksa Rocky Gerung lagi pada Rabu pekan depan. Menurut dia, Rocky minta dihentikan sementara pemeriksaan yang berlangsung hari ini Rabu, 6 September 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Hari ini kami memeriksa, klarifikasi, kepada saudara Rocky Gerung dimuali jam 10.00 dan selesai 16.45,” kata Djuhandani di Mabes Polri.

Sebetulnya, kata dia, penyidik belum selesai meminta keterangan Rocky Gerung hari ini. Akan tetapi, ia menyebut Rocky Gerung minta dihentikan sementara pemeriksaannya dengan alasan yang dapat diterima oleh penyidik.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Sebetulnya dalam klarifikasi belum selesai, namun yang bersangkutan karena ada alasan yang bisa kita terima, akan melanjutkan pemeriksaan pada hari Rabu depan. Kami akan menunggu klarifikasi tersebut,” ujarnya.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani.

Photo :
  • Dok. Polri.
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Rocky Gerung, kata dia, sudah dimintai keterangannya dengan menjawab sejumlah pertanyaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

“Dalam pemeriksaan yang tadi sudah dilaksanakan, kita tanyakan sekitar 47 pertanyaan. Dari hasil sementara, kita masih melaksanakan proses-proses lagi dalam penyelidikan,” jelas dia.

Sebelumnya, Pengamat politik, Rocky Gerung telah selesai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada Rabu, 6 September 2023. Menurut dia, ada beberapa pertanyaan yang telah dijawab saat diperiksa penyidik. “40 pertanyaan, seputar kasus itu,” kata Rocky.

Kemungkinan, Rocky Gerung menyebut akan kembali lagi untuk menemui Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada pekan depan. Sebab, kata dia, masih ada yang perlu ditambahkan keterangannya oleh penyidik.

“Rabu depan dilanjut, karena 40 kurang cukup kayanya. Sedikit tapi bakal mendalami,” ujarnya.

Tentu, Rocky Gerung memastikan akan kooperatif dan memenuhi panggilan penyidik jika memang masih diperlukan keterangannya. “Hadir, karena saya mesti jawab. Saya pasti hadir,” jelas dia.

Sementara Kuasa Hukum Rocky Gerung, Haris Azhar mengatakan Rocky Gerung sangat menikmati menjawab 40 pertanyaan dari penyidik. Menurut dia, pertanyaan yang diberikan penyidik seputar hal-hal yang memang menjadi pekerjaannya Rocky Gerung.

“Tadi pertanyaannya masih di seputar soal kapasitas dan alasan-alasan dibalik argumentasi, kita belum ke soal BJG TLL itu, belum. Pak Rocky sudah menjelaskan banyak hal,” jelas Haris.

Menurut dia, pemeriksaan ini sifatnya masih interview belom penyidikan dan ini masih seputar mencari apakah peristiwa tersebut adalah peristiwa pidana atau belom. 

“Akan dilanjutkan lagi hari Rabu depan, dengan kami juga selain hadir Pak Rocky akan membawa banyak hasil-hasil penelitian bacaan dan sumber-sumber lain yang menjadi referensi Pak Rocky untuk memunculkan pernyataan yang dipermasalahkan tersebut,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya