Jokowi: KTT ke-43 ASEAN Hasilkan 90 Dokumen dan Kesepakatan Konkret

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Plenary Session KTT ASEAN ke-43.
Sumber :
  • gallery.asean

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Kamis, 7 September 2023. Selama 3 hari ini, Jokowi menangkap energi positif dari seluruh pemimpin negara yang hadir termasuk undangan.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Menurut dia, ada beberapa yang dihasilkan dalam 12 pertemuan Konferens Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. “KTT telah diselenggarakan dan menghasilkan 90 outcome dokumen dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra,” kata Jokowi.

Selama pertemuan, Jokowi menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh pemimpin negara dan undangan yang menghadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Tentu, Jokowi mengatakan ini menguatkan harapan dan semangat untuk terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yang damai, kawasan yang stabil dan kawasan yang sejahtera.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

“Mari kita kukuhkan kawasan Indo Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusifitas, ini adalah pondasi kunci yang akan mengantarkan ASEAN ke masa depan lebih baik untuk rakyat dan untuk dunia,” ujarnya.

Menurut dia, inilah esensi yang dibangun Keketuaan Indonesia menjadikan ASEAN matters sebagai epicentrum of growth.

Namun, Jokowi mengatakan tugas belum selesai dan pekerjaan penting ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja.

“Kita akan terus menghadapi beragam dinamika dan koneksitas tantangan global. Untuk itu, kita harus bahu-membahu, menavigasi tantangan jadi peluang, menavigasi rivalitas jadi kolaborasi, menavigasi eksklusivitas menjadi inklusifitas dan menavigasi perbedaan jadi persatuan. Kita harus jadi nahkoda di kapal kita sendiri,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya