Nawawi Pomolango: Tak Ada Agenda Pertemuan Pimpinan KPK dengan Tahanan di Lantai 15

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango.
Sumber :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali.

Jakarta – Wakil ketua Nawawi Pomolango mengaku bahwa dirinya tak pernah bertemu dengan seseorang tahanan di lantai 15 gedung merah putih KPK pada 28 Juli 2023 lalu. Dia membantah terkait adanya informasi tersebut.

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

"Kalau dalam daftar giat pimpinan tanggal 28 Juli tidak ada giat yang seperti itu," ujar Nawawi saat dikonfirmasi wartawan yang dikutip Rabu 13 September 2023.

Dia menjelaskan bahwa dirinya pun baru mengetahui adanya informasi yang menyatakan bahwa telah ada pertemuan antara pimpinan KPk dengan tahanan.

Periksa Dirut PT Taspen Nonaktif, KPK Bocorkan Statusnya Sudah Tersangka

"Sekali lagi mohon maaf, saya benar-benar baru dengar kabar ini," ucapnya.

Nawawi juga menjelaskan bahwa jika memang benar adanya, seorang pimpinan sejatinya tak boleh bertemu dengan sosok tahanan yang dimaksud.

Gus Muhdlor Ditahan KPK, Subandi Ditunjuk Jadi Plt Bupati Sidoarjo

"Dan memang harusnya tidak boleh ada giat yang semacam itu," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku menerima informasi soal adanya tahanan korupsi yang datang ke lantas 15 Gedung Merah Putih KPK. Di lantai tersebut terdapat ruangan pimpinan KPK.    

"Ya, informasi masih didalami," kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris saat dikonfirmasi awak media, Selasa, 12 September 2023. 

Informasi didapat VIVAtersangka itu bertalian erat dengan kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Peristiwa terjadi pada akhir Juli 2023. 

Juru Bicara Ali Fikri dikonfirmasi enggan bicara banyak. Dia berdalih setiap pemeriksaan hanya dilangsungkan di lantai 2 Gedung Merah Putih KPK.

"Ini informasi dari teman-teman (jurnalis) sendiri ya. Maksud saya, kami hanya bisa menjelaskan sejauh ini dalam pemeriksaan setiap tahanan dalam kapasitasnya sebagai tersangka ataupun saksi selalu dilakukan di lantai dua," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya