Jokowi Telepon Kapolri Tengah Malam soal Rempang: Masa Urusan Begitu Harus Sampai Presiden?

Pertemuan Presiden Jokowi dan Kapolri, Kapolda dan Kapolres
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menelepon Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait permasalahan pembebasan lahan Rempang Eco-City di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau yang berujung konflik. Menurut Jokowi, urusan seperti ini harus diselesaikan tanpa perlu membuat dirinya turun tangan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Saya sudah sampaikan urusan yang di Rempang. Tadi tengah malam saya telepon Kapolri, ini hanya salah komunikasi aja. Di bawah salah mengkomunikasikan saja,” kata Jokowi di Jakarta Selatan pada Rabu, 13 September 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Menurut dia, masyarakat perlu dikomunikasikan dengan baik terkait pemberian ganti rugi atau rumah yang lokasinya belum tepat. Jokowi bilang urusan seperti ini harus diselesaikan dan jangan semuanya mesti Presiden RI turun tangan.

“Mau diberi ganti rugi, diberi lahan, diberi rumah tapi mungkin lokasinya belum tepat itu yang harusnya diselesaikan. Masa urusan begitu harus sampai Presiden?,” ujarnya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Pun, Jokowi memerintahkan kepada jajarannya agar melapor ke direktorat atau menteri terkait apabila tidak mampu menyelesaikan persoalan konflik lahan di Rempang.

“Jika ada yang tidak mampu diselesaikan segera disampaikan, segera dilaporkan ke Dirjen terkait, ke menteri terkait,” jelas eks Gubernur DKI Jakarta itu.

“Jangan kalau ditanya, siap Pak. Gimana? Beres pak, aman pak. aman. Nanti begitu terakhir, mohon maaf pak belom selesai pak. Nah, tidak bisa selesai pak,” lanjut Jokowi.

Lebih lanjut, dia menuturkan, dirinya selalu memanggil Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit serta menteri terkait bila ada persoalan yang tak bisa diselesaikan untuk mencari solusinya.

“Biasanya kita itu kalah udah ada masalah dengan menteri-menteri, dengan Kapolri, Panglima, rapatkan udah ketemu selesai masalah. Ketemu solusinya setiap masalah,” ujarnya.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jokowi sebelumnya juga angkat bicara soal proyek Rempang Eco-City di Pulau Rempang, Batam, yang tengah jadi sorotan. Hal itu karena terjadi onsiden bentrok antara aparat dengan warga yang menolak relokasi.

Ia bilang insiden itu terjadi komunikasi yang kurang baik. Menurut dia, sudah ada kesepakatan terkait solusi jika warga akan mendapat lahan dan bangunan.

Dia mengaku mengutus Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia untuk datang ke lokasi dan bisa beri penjelasan.

"Menurut saya nanti mungkin besok atau lusa Pak Menteri Bahlil akan ke sana akan memberikan penjelasan mengenai itu," kata Jokowi di Pasar Kranggot, Banten, Selasa, 12 September 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya