Tinjau Museum Nasional Pasca Kebakaran, Megawati Beri Arahan Ini

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri mengunjungi Museum Nasional.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri meninjau lokasi Museum Nasional atau Gajah di Jakarta Pusat, Selasa, 19 September 2023 usai mengalami musibah kebakaran pada Sabtu malam, 16 September.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Tak sendirian, Megawati didampingi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid.

Menurut Hilmar, Megawati datang ke Museum Nasional karena terpanggil untuk melihat kondisi tempat tersebut pascakebakaran. Megawati juga pernah menjadi sukarelawan untuk mengurusi koleksi yang berada di museum yang bercat putih tersebut.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Ibu ini punya memori pada 80-an pernah menjadi sukarelawan di sini untuk mengurusi koleksi. Jadi, tadi ibu bertanya mengenai koleksinya, kami banyak berdiskusi mengenai sejarah, tentang tata kelola museum dan sebagainya dan tadi juga ibu memberikan arahan bahwa ini khususnya mengenai koleksi ini perlu ditelusuri sejarahnya, narasinya perlu dibikin dengan baik sehingga bisa digunakan sebagai sumber belajar," kata Hilmar kepada wartawan di Museum Nasional, Selasa, 19 September 2023.

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri mengunjungi Museum Nasional.

Photo :
  • Istimewa
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ia juga mengatakan, Megawati di lokasi juga memantau keramik yang menjadi barang bersejarah peninggalan dinasti di China dan Vietnam.

"Kalau koleksi yang Ibu ingat persis itu soal keramik, ya, keramik dari berbagai dinasti dari Cina, dari Vietnam, karena kebutulan waktu itu Ibu mengingat ada seorang kurator," katanya.

Hilmar mengatakan, Megawati saat memantau Museum Nasional berpesan bagi semua pihak untuk bergotong royong menangani musibah tanpa harus memandang kepentingan kelompok.

"Ibu bercerita, ya, pengalaman masa lalu, saya kira menjadi inspirasi kita bahwa ini waktunya kita bergotong royong begitu, ya, bersama-sama di dalam musibah, semua unsur harus terlibat, tidak boleh ada kepentigan," ucap dia.

Hilmar melanjutkan Megawati juga menyampaikan pesan agar BRIN bisa dilibatkan Kemendikbudristek dalam penanganan pascakebakaran di Museum Nasional.

"Tadi untuk segera bekerja sama dengan BRIN. Jadi, teman-teman yang dari arkeolog utamanya, organisasi riset arkeologi sejarah, nanti akan segera terlibat. Nanti kami langsung, ya, on the spot sudah ada kesepakatan dengan Kepala BRIN dengan Pak Deputi untuk segera bikin rapat Jumat ini," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya