Psikolog Ungkap Makna Gestur Prabowo saat Refleksi Diri di Depan Cermin

Gestur hormat bacapres Prabowo Subianto di depan cermin
Sumber :
  • instagram @prabowo

Jakarta – Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto menjadi sorotan, usai tampil di acara 3 Bacapres Bicara Gagasan, di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa, 19 September 2023. Ia menjadi Bacapres terakhir yang menyampaikan gagasannya.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Salah satu segmen acara, adalah Najwa Shihab meminta para bacapres untuk refleksi diri di depan cermin besar. Anies mengikuti instruksi dengan bercerita tentang pesan senada yang disampaikan oleh ibunya.

Pun demikian bacapres Ganjar Pranowo, yang mengingatkan dirinya atas pesan mendiang orangtua agar melaksanakan amanat dengan baik dan tidak korupsi.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Bacacpres Prabowo Subianto dalam acara 3 Bacapres Bicara Gagasan di kampus UGM

Photo :
  • YouTube Universitas Gadjah Mada

Sedangkan bacapres Prabowo, justru enggan berbicara di depan cermin. Ketua Umum Partai Gerindra itu hanya memberikan gestur hormat ketika berdiri di hadapan cermin besar yang sudah disediakan.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Psikolog Hanna Rahmi menilai, sikap Prabowo tersebut menunjukkan kecenderungan penyangkalan atau istilah umumnya, denial. Ketika melihat pantulan diri, lanjut Hanna, bacapres Prabowo punya ketakutan gagal seperti sebelumnya.

“Kita lihat kalau dari beberapakali kegagalannya gitu, ada kecenderungannya untuk denial,” ucap Hanna, Kamis, 21 September 2023.

Akademisi di Universitas Bhayangkara ini mengatakan, sikap penyangkalan itu muncul lantaran kegagalannya di masa lalu sehingga khawatir dikesankan mengkhayal terlalu tinggi atau halu.

“Jadi kekhawatiran dia untuk dikatakan gagal. Jadi kalau misalnya gagal dia gak kepengin melihat apa yang menjadi faktor kegagalanku, nah itu ada yang kecenderungannya seperti itu,” katanya.

Berada di tengah dua bacapres yang jauh lebih muda, menurut Hanna juga mempengaruhi sikap Prabowo. Di acara malam itu, Prabowo tampak ingin memperlihatkan kesan yang sama dengan bacapres lain.

Namun demikian, lanjut Hanna, Prabowo justru menunjukkan sisi atau karakternya yang tertutup dan memiliki batasan kuat. Hanna mencontohkan saat pembahasan data kekayaan Prabowo.

“Paling kaya tentu karena sudah paling senior. Tapi kemudian ada yang bagian di-reject (ditolak, red) dan ingin dipercepat. Ada satu kekhawatiran ‘jangan-jangan ini kaya dari sesuatu’ itu (Prabowo) punya kekhawatiran seperti itu,” jelasnya 

Tak hanya denial, kata Hanna, bacapres Prabowo juga menunjukkan sikap blocking dan boundaries atas dirinya.

“Kenapa tidak mau bercermin kalau untuk diri sendiri gak masalah, tapi dia blocking di situ, dia nggak kepengin orang lain tahu. Menutupi jadi jangan sampai orang itu tahu apa yang menjadi kekurangan, kelemahan. Orang dengan karakter seperti itu dia cenderung ya sudah pokoknya saya bantu tapi gak perlu tahu bantuannya apa dari mana, dia punya kekhawatiran jadi dia sudah menganulir sehingga gak perlu sampai ke dalam sana,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya