Tuai Kontroversi, Wajah Patung Bung Karno di Banyuasin Diperbaiki

Patung Bung Karno di Banyuasin, Sumatera Selatan
Sumber :
  • Sadam Maulana (Palembang)

Palembang – Wajah patung tugu mantan Presiden, Soekarno atau Bung Karno di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, tengah menjadi sorotan masyarakat kini ditutup dengan terpal. Usai dikritik, wajah patung Presiden pertama Republik Indonesia itu langsung dirombak.

2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka

Diketahui, pembangunan tugu Bung Karno di kawasan Bung Karno Sport Center atau tepatnya di Jalan Lintas Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, menjadi sorotan warga karena wajah Sang Proklamator sedikit lebih tembam dan postur tubuh sedikit lebih berisi.

Padahal, badan penyambung lidah rakyat itu tidak terlalu gemuk dan berwibawa. Bila dilihat secara keseluruhan, patung yang sedang dibangun di Bumi Sedulang Setudung itu tidak ada kemiripan sama sekali dengan Bung Karno. Banyak netizen yang menilai jika patung tersebut sama sekali tidak mirip dengan wajah Sang Proklamator. 

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Patung Bung Karno di Banyuasin, Sumatera Selatan

Photo :
  • Sadam Maulana (Palembang)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin, Ardi Arfani mengatakan, bahwa berdasarkan hasil rapat dengan pihak kontraktor, patung tersebut akan diperbaiki.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

"Iya diperbaiki. Sejak kemarin mulai perbaikan," kata dia pada Sabtu, 23 September 2023.

Mengenai patung tersebut ditutup dengan terpal, Ardi mengaku belum melihat secara langsung. "Saya belum lihat ke lapangan secara langsung ya, jadi belum tahu. Tidak apa-apa ditutup, kan diperbaiki," kata Ardi.

Sebagai informasi, pembangunan kawasan Bung Karno Sport Center di Jalan Lintas, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Banyuasin III, menelan anggaran sebesar Rp16 miliar.

Sementara, tugu Bung Karno menghabiskan biaya Rp500 juta. Pembangunan Tugu Bung Karno sendiri berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) PU Kabupaten Banyuasin.

Nantinya, di kawasan Bung Karno Sport Center akan dibangun venue sepak bola, venue futsal, volly, basket dan menembak. Kawasan ini nantinya akan menjadi pusat olahraga terpadu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya