Tahanan Narkoba BNN Sulbar Kabur Gegara Petugas Ketiduran saat Jaga

Arman, Tahanan yang kabur dari rutan BNNP Sulbar
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Sulawesi Barat – Seorang tahanan di Rutan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Barat, di Mamuju, kabur dengan cara membobol gembok sel. Tahanan Narkoba itu disebut kabur saat kondisi Rutan BNN Sulbar sedang lagi sepi.

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

Plt Kepala BNN Sulbar, Herman mengatakan, bahwa Arman kabur dari rutan BNNP Sulbar di Mamuju pada Jumat 22 September 2023 dini hari sekitar pukul 01.00 Wita. Arman saat ini masih dalam pencarian.

"Setelah berhasil membobol gembok sel, tahanan kasus narkoba tersebut kabur lewat pintu depan. Pada saat bersamaan sejumlah petugas lagi ketiduran sedangkan satu orang penjaga tahanan lagi berada di kamar mandi," ungkap Herman kepada wartawan, Senin 25 September 2023.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Ilustrasi tahanan kabur atau narapidana bebas

Photo :
  • Pinterest/Clker-Free-Vector-Images

Herman menjelaskan, bahwa petugas yang jaga pada malam itu baru melaporkan kejadian tersebut pada pagi hari. Sehingga, tahanan yang kabur tersebut baru diketahui pada saat pagi hari tiba.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

"Mendapat laporan dari petugas jaga pihak BNN akhirnya melakukan pengejaran terhadap tahanan yang kabur tersebut," jelasnya. 

Dikatakan Herman bahwa Arman kabur usai merusak gembok sel, kemudian Arman memanfaatkan kelengahan petugas yang berjaga. Karena satu orang petugas ketiduran kemudian satunya lagi sedang ke toilet.

"Kabur melalui pintu (depan), merusak gembok sehingga memanfaatkan kelengahan petugas ketika petugas pergi ke toilet," ungkap Herman.

Ilustrasi penjara

Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Herman pun mengaku jika pihaknya tengah mengejar tahanan yang kabur tersebut. Kata dia, BNN Sulbar sudah membentuk tim guna menangkap tahanan yang kabur tersebut.

"Tim yang dibentuk tersebut sudah berada di lapangan untuk mengejar tahanan yang kabur tersebut," ujarnya.

Untuk membantu petugas BNN kembali menangkap tahanan yang kabur tersebut pihak BNN sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Foto tahanan yang kabur tersebut juga sudah disebarkan kepada instansi terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya