KKB Makin Terdesak, 3 Anggota Ditangkap dan 1 Ditembak Satgas Damai Cartenz

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Sumber :
  • Puspen TNI

Papua  – Satuan Tugas Operasi Damai 2023 dalam satu bulan terakhir telah berhasil menangani Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Satgas berhasil mengamankan 3 anggota KKB dan 1 anggota KKB dilumpuhkan. 

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

"Selama satu bulan ini tim kami berhasil menangkap 3 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata dan 1 KKB berhasil dilumpuhkan di wilayah Papua," kata kata Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa 26 September 2023.

Faizal menuturtkan, ke 3 anggota KKB yang diamankan memiliki perannya masing-masing yakni berperan sebagai anggota KKB, pemasok amunisi maupun senjata dan pemasok bahan makanan ke kelompok KKB di Nduga, Papua Pegunungan. Sedangkan 1 KKB yang berhasil dilumpuhkan adalah anggota KKB Pegunungan Bintang yang baru-baru ini menebar teror.

Ada Sabu dan Ekstasi saat Polisi Tangkap Artis Rio Reifan

Adapun ke 4 anggota KKB tersebut di antaranya, Pertama penyuplai makanan ke KKB Nduga yang diamankan pada 7 September 2023. Selain itu, Satgas Ops Damai Cartenz-2023 dan Satpolair Polres Asmat berhasil mengungkap dan menangkap penyuplai bahan makanan (Bama) kepada KKB Pimpinan Egianus Kogoya. "Y.T" yang bekerja sehari-hari sebagai motoris Speed Asmat-Nduga, dan Iya  ditangkap oleh petugas.

3 Anggota KKB Ditangkap dan 1 Ditembak Satgas Damai Cartenz

Photo :
  • Istimewa/VIVA
Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

“Y.T telah melakukan penarikan uang sebesar 100 juta di Bank Papua Asmat dan dari uang tersebut, Y.T telah melakukan pembelanjaan bahan makanan untuk dibawa ke KKB Kelompok Egianus Kogoya sesuai permintaan Egianus Kogoya,” katanya.

Kedua Penyuplai Amunisi dan Senjata Api KKB Nduga, diamankan 19 September 2023. E.T” alias “L.D” alias “ALTAU” (27), kelompok KKB Ndugama pimpinan Egianus Kogoya berhasil diamankan di area RSUD Nabire. E.T sudah masuk dalam daftar pencarian orang sejak tahun 2022 setelah Iya ikut dalam aksi pembantaian tehadap 11 warga sipil di Kampung Nogolait pada Juli 2022 lalu.

Ketiga Pelaku Pembakaran Sekolah di Puncak, diamankan di Puncak 21 September 2023. Anggota KKB yang ketiga adalah A.K alias Artis (20) KKB Kab.Puncak. Berdasarkan hasil pemeriksaaan, bahwa peran dari saudara AK yaitu pembakaran rumah warga dan bascamp PT. Unggul,  Sabtu (23/5/2023) yang lalu, peran yang kedua terlibat pembakaran SMA Negeri 1 Ilaga pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu.

Keempat 1 KKB Pegubin berhasil dilumpuhkan Sniper pada Rabu 21 September 2023. Ricky Sasaka salah satu anggota KKB Pegubin berhasil dilumpuhkan tim sniper Satgas. Saat itu Ia diketahui hendak melakukan penembakan terhadap pesawat sipil yang melintas. Jenazah dan senjata anggota KKB tersebut berhasil dibawa lari oleh kawan-kawannya masuk ke dalam hutan saat pasukan Satgas Damai Cartenz melakukan pengejaran dan penyisiran. 

Faizal mengatakan, Satgas Damai Cartenz juga berhasil mengembalikan situasi kamtibmas di Kabupaten Pegunungan Bintang pasca aksi brutal KKB membakar kios dan menyerang aparat dan masyarakat Sipil di Distrik Serambakom.

Lebih lanjut, Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Dr. Bayu Suseno mengatakan, Satgas Ops Damai Cartenz akan terus melakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya.

"Kami akan terus melakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua," ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya