Mahfud MD: Polri Jangan Blok-Blokan, Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Ilustrasi Polisi saat Perayaan HUT Polri (foto/antara)
Sumber :
  • vstory

Jakarta - Polri diperingati agar menjaga netralitas pemilihan umum 2024 mendatang. Hal itu diingatkan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dalam Rakor Persiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024.

Exit Poll: PM Narendra Modi Menang Pemilu India

"Jagalah netralitas Polri dalam mengamankan pemilu tahun 2024," ujarnya, Rabu 27 September 2023.

Mahfud mengatakan, tugas Polri menyukseskan pengamanan pemilu 2024 rentan sorotan masyarakat, terlebih hal negatif. Dirinya minta Polri tak menyalahgunakan kewenangannya yang dapat merugikan institusi mereka.

Pasutri Ini Barengan Daftar Calon Bupati Tegal dari PDIP, Bersaing Dapat Restu Megawati

"Tugas Polri yang sangat dekat dengan masyarakat membuat keberadaan Polri sangat disorot dan sering kali mendapat persepsi negatif dan sering juga mendapat pujian positif, tergantung pada peristiwa-peristiwa yang ditangani, yang menyertai setiap perkembangan," kata dia.

Menkopolhukam Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Catatan Politikus PDIP di Hari Pancasila: Evaluasi Sistem Pemilu Mendatang

"Penegakan hukum harus adil, tidak tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Harus beradaptasi melakukan inovasi-inovasi di berbagai bidang. Dan jadilah Bhayangkara yang sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia," ucapnya lagi.

Untuk itu, Mahfud minta Korps Bhayangkara solid seperti pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada HUT Bhayangkara beberapa waktu lalu.

"Yang pertama, Polri harus solid, tidak ada lagi blok-blokan, patron-patronan dan lain sebagainya. Yang kedua walaupun kepercayaan publik terhadap polri mengalami kenaikan, saat ini di atas 70 persen namun Polri tetap harus bebenah diri dan melakukan reformasi di seluruh aspek organisasi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya