4 KKB Pembuat Onar di Pegunungan Bintang Tewas Ditembak, Satgas TNI-Polri Sita 2 Senpi

Satgas Damai Cartenz melumpuhkan anggota KKB di Pegunungan Bintang, Papua
Sumber :
  • Aman Hasibuan - Dok Satgas Damai Cartenz

Papua – Satgas Damai Cartenz 2023 dari gabungan personil TNI-Polri berhasil melumpuhkan 4 orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan mengamankan 2 senjata api di Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu 30 September 2023.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Kepala Satgas Damai Cartenz2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani mengungkapkan ini adalah sebuah prestasi di bidang penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. 

Dalam kunjungan kerjanya di Pegunungan Bintang beberapa hari yang lalu, Faizal memastikan bahwa situasi di Pegunungan Bintang dapat dikendalikan dengan baik oleh aparat keamanan maupun forkopimda. 

2 Juta Hektare Lahan di Merauke Bakal Jadi Kebun Tebu, Bahlil: Masa Impor Gula Terus

Faizal mengatakan, pada dini hari tadi pasukan gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz telah berhasil melumpuhkan 4 KKB yang kerap membuat kerusuhan di daerah Oksibil, Pegunungan Bintang. 

"Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan 4 KKB di daerah Pegunungan Bintang. Info dari lapangan bahwa terdapat 2 senjata api yang berhasil kami sita, yaitu 2 senjata laras panjang," jelas Faizal.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Dua pucuk senjata laras panjang yang diamankan dari tangan anggota KKB

Photo :
  • Aman Hasibuan - Dok Satgas Damai Cartenz

Di tempat lain, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 AKBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa keempat KKB tewas tersebut saat berita ini diturunkan masih dalam proses evakuasi. 

"Mohon bersabar ya rekan-rekan, saat ini pasukan di lapangan masih melakukan pembersihan di TKP, mengidentifikasi identitasnya dan nanti apabila memungkinkan jenazahnya akan diturunkan dari pegunungan," ujar Bayu 

Ditempat yang sama, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastoni menjelaskan bahwa dalam kegiatan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang ini melibatkan berbagai pasukan TNI Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopassus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Batalyon 310/KK yaitu Satgas Pamtas dan dari Polres Pegunungan Bintang. 

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas yang sudah ada disini," ungkap Dafi

Anggota KKB Ananias Ati Mimin yang tertembak.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Dok. Humas Satgas Damai Cartenz

Sebelumnya diberitakan, Kepala Satgas Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan aktivitas masyarakat dan penerbangan di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang kembali normal, pasca aksi penyerangan dan penembakan hingga pembakaran gedung sekolah yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak tanggal 18 hingga 19 September 2023.

"Masyarakat di Distrik Serambakon dan Distrik Oksibil sudah mulai beraktivitas. Bahkan, masyarakat nampak telah berjalan normal seperti biasa," kata Ka Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani, Sabtu, 30 September 2023.

Faizal menyebutkan aktivitas perkantoran, perbankan, pasar, sekolah, rumah sakit hingga penerbangan dan lainnya telah berjalan berjalan normal, dan tentunya wajib dijaga bersama. "Masyarakat silahkan melakukan aktivitas seperti biasanya," ujar Faizal. 

Diketahui Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakiri mengingatkan warga di enam wilayah Pegunungan Papua untuk mewaspadai aksi teror yang dilakukan KKB.  

Keenam wilayah tersebut dinilai polisi merupakan wilayah rawan dari gangguan KKB yang sering melakukan aksi kekerasan dan penembakan pada masyarakat maupun aparat keamanan. 

Adapun enam wilayah khusus yang rawan gangguan keamanan yakni Kabupaten Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, Nduga, Yahukimo, dan Pegunungan Bintang. Bahkan,  untuk daerah Dogiyai dan Lany Jaya, juga termasuk yang rawan gangguan keamanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya